~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#15 Beautiful Malice (Kekejian yang Menyedihkan)


Judul Buku : Beautiful Malice (Kekejian yang Indah)
Penulis : Rebecca James
Halaman : 283
Penerbit : Pustaka Bahtera


Masa lalu yang kelam memaksa Katie Boydell dan orang tuanya meninggalkan Melbourne. Katie sendiri pindah ke New South Wales dan tinggal bersama bibinya. Katie masuk ke SMU Drummond dan berganti nama menjadi Katherine Patterson. Katherine ingin melupakan masa lalunya dan ingin hidup normal. Di masa lalu, Katie punya seorang adik bernama Rachel.  Rachel memiliki talenta bermain piano yang sangat baik. Beberapa beasiswa internasional telah ditawarkan kepadanya. Katie sebenarnya juga bisa bermain piano, bahkan pernah memenangkan kompetisi nasional. Tetapi Rachel jauh di atas Katie. Semua orang memuja Rachel.  Suatu ketika Katie yang ingin pergi ke suatu pesta bersama sahabatnya harus mengajak Rachel, karena Rachel memaksa ingin ikut. Di pesta tersebut, Katie yang sibuk dengan pacarnya melupakan Rachel. Hingga akhirnya Katie menemukan Rachel mabuk bersama beberapa pria. Pria-pria tersebut menawarkan diri untuk mengantar mereka pulang. Katie yang tidak sanggup membawa Rachel seorang diri akhirnya menyetujui tawaran tersebut. Belakangan, Katie menyesali keputusannya. Pria-pria itu membawa mereka ke sebuah gudang tua, dimana di tempat itu Rachel diperkosa. Katie menyaksikan semua kejadian tanpa bisa berbuat apa-apa. Katie malah lari meninggalkan Rachel untuk menyelamatkan diri. Ketika Rachel ditemukan tak bernyawa lagi, Katie sangat menyesal dan selalu dihantui oleh kejadian itu.

Jika di Melbourne Katie adalah gadis gaul, maka di tempat yang baru ini Katherine tidak ingin bergaul dengan siapa-siapa. Hingga Katherine bertemu dengan Alice Parrie.  Alice adalah sosok gadis yang populer dan menarik. Alice berusaha untuk menjadi teman Katherine. Kathrine yang awalnya sempat bingung mengapa Alice mendekati dia, akhirnya menerima Alice menjadi sahabatnya. Alice juga memperkenalkan Robbie temannya kepada Katherine. Alice terus saja memasuki kehidupan Katherine, bahkan Alice bisa akrab dengan kedua orangtua Katherine. Kedekatan Alice membuat Katherine mulai percaya pada Alice, hingga Katherine menceritakan masa lalunya yang kelam itu kepada Alice.  Katherine tidak menyadari bahwa sahabat barunya itu akan membuat masa depannya lebih kelam lagi.

Buku yang bergenre thriller psikologi ini diceritakan dalam alur maju mundur. Ceritanya sangat padat dalam 283 halaman. Walaupun demikian, pembaca tidak akan dibuat bingung walaupun ending-nya di luar dugaan. Ada begitu banyak persoalan remaja yang diangkat dalam novel ini. Mulai dari seks bebas, pemerkosaan, kehamilan di usia dini, hingga perselisihan yang berujung  kematian

Menurut penerbit, sejak diperkenalkan di Frankurt Book Fair, naskah novel ini menjadi populer dan hak cipta terjemahan-nya dibeli oleh lebih dari 30 negara. Beautiful Malice dinominasikan juga untuk sebagai Best First Novel di Ned Kelly Award (2011) dan Voya Perfect Ten (2010). Sayangnya untuk edisi terjemahan bahasa Indonesia, masih banyak kesalahan pengetikan bukan hanya di isi buku, tapi juga pengantar di sampul belakang buku.


4 comments on "#15 Beautiful Malice (Kekejian yang Menyedihkan)"
  1. kayaknya kalo dari reviewmu, bagus... bikin penasaran sama alice.. tapi kenapa cuma 3 bintang?? :)

    ReplyDelete
  2. tadinya mau ngasih 4 bintang. tapi banyak typonya jadi 3 bintang aja

    ReplyDelete
  3. Bagus cover yg di ujung pertama dan diujung akhir.. lebih misterius kesannya~

    Walau banyak typo dari segi penerjemahan dan cerita bagus kan mba Des?

    ReplyDelete
  4. bagus. endingnya juga ga biasa. apalagi si Alice itu benar2 bikin gregetan. Yang pertaa itu cover aslinya dari Australia kayaknya

    ReplyDelete