~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#118 The Naked Traveler 4


Judul Buku : The Naked Traveler 4
Penulis : Trinity
Halaman : 272
Penerbit : B-First

Setelah mengoleksi buku The Naked Traveler 1-3, plus langganan postingan blognya mbak Trinity, saya harus punya buku The Naked Traveler (TNT) 4 ini. Makanya saya bela-belain PO, demi mendapatkan buku TNT 4 yang ditanda tangani oleh mbak Trinity langsung.  Masih sama dengan buku TNT sebelumnya, TNT 4 juga adalah kumpulan kisah perjalanan mbak Trinity keliling Indonesia dan keliling dunia. Tapi TNT 4 bukan hanya berisi kisah belaka, ada juga tips-tips untuk melakukan perjalanan.

Yang saya suka dari ceritanya mbak Trinity adalah kejujurannya. Yang jelek dibilang jelek, yang bagus dibilang bagus. Berbeda dengan buku-buku bertema travelling lainnya yang biasanya hanya menceritakan sisi bagusnya saja. Contohnya di cerita pertama Disiksa Kurisi, mbak Trinity menceritakan penderitaannya untuk menikmati indahnya kepulauan Raja Ampat. Untuk mencapai tempat itu, dia harus naik kapal kargo pengangkut kendaraan yang dipakai untuk "mengangkut" penumpang. Bukan hanya satu dua orang penumpang, tapi puluhan bahkan mungkin ratusan penumpang. Kebayanglah sesaknya, apalagi yang jualan makanan terbatas dan perjalanan ditempuh dalam waktu 15 jam. Atau juga pada cerita perjalanan ke Dayak, dimana mbak Trinity Dipalak Anak Kecil hanya untuk bisa berfoto bersama :)

Di antara banyak cerita dalam buku TNT 4, saya paling suka dengan cerita Reuni Bersama Tezar. Soalnya si Tezar ini pernah diceritakan di TNT 2 dan di buku Duo Hippo Dinamis. Kalau dulunya Tezar itu "miskin keparat", sekarang dia sudah jadi artis. Tapi bersama Tezar, tetap saja nyerempet ke ganja :mrgreen:

Walaupun sebagian kisah dalam buku ini sudah pernah diterbitkan di blognya, tapi buku ini tetap sangat layak untuk dikoleksi, bahkan (bagi saya) bisa jadi panduan jalan-jalan yang asyik. Dan seperti biasa, sehabis membaca TNT bawaannya selalu pengen travelling. Hmm.. sudah kena "virus" Trinity nih :)



5 comments on "#118 The Naked Traveler 4"
  1. Wah, dari reviewnya ini masuk wishlist layak beli. Aku juga koleksi 1-3 soalnya..

    Btw, mba, itu jangan-jangan Mas Tezar @ Membaca Buku ya? Hahaha.

    ReplyDelete
  2. hehe... nggaklah. Tezar kita ga sesadis Tezar-nya TNT4

    ReplyDelete
  3. LoL~ haha, tapi lumayan lho ya mas Tezar numpang ngartis (nama)

    ReplyDelete
  4. ini buku udah masuk wishlist tapi belum kesampaian sampai sekarang >_<
    saya termasuk telat baca Naked Traveler, baca seri 1 belum lama ini. baru kelar aja, udah keluar yang ke-4. jadi bikin wishlist-nya borongan 3 buku. hehe...

    ReplyDelete