~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

Bangga Menjadi Blogger Buku

Saya mengenal dunia blog sejak tahun 2006. Waktu itu masih bikin blog di Friendster. Isinya macam-macam, kayak nulis di buku harian. Tahun 2008, saya pindah ke Wordpress. Isinya (masih) macam-macam. Kadang curhat, kadang review film, kadang review buku. Karena blog, saya jadi punya banyak teman di dunia maya yang kemudian jadi teman di dunia nyata :) Pokoknya merasa gaul deh karena jadi blogger.

Menjadi blogger, salah satu "kewajibannya" adalah blogwalking. Lewat blogwalking, saya jadi tahu kalao ada jejaring sosial bernama Goodreads, yang dikhususkan untuk hal-hal perbukuan. Sempat bikin account di tahun 2009, trus dihapus karena terbengkalai juga. Tapi ketika makin rajin mengikuti postingan di blognya mbak Fanda dan Mia, akhirnya saya memutuskan mengaktifkan kembali account Goodreads.

"Main-main" di Goodreads itu menyenangkan. Salah satunya, saya jadi bisa tahu saya sudah baca apa saja. Berhubung hobby saya yang masih menetap dari kecil sampai sekarang itu membaca, saya jadi serasa ketemu satu dunia yang mengakomodasi hobby saya ini. Dari Goodreads, ketemu dengan yang namanya Blogger Buku Indonesia dari daftar yang dibuat oleh mas Tanzil. Satu per satu link-nya saya buka, dan saya semakin takjub. Ada ya orang yang betah bikin blog isinya review buku... Ketika mau mendaftarkan diri, ternyata syaratnya harus punya blog (khusus tentang)  buku. Pengen sih.. tapi ntar ga keurus gimana? Atau kalau postingannya malas-malasan gimana?

Pertengahan tahun 2011, akhirnya saya meniatkan untuk membuat satu blog buku, biar bisa bergabung dengan Blogger Buku Indonesia. Motivasi lain bikin blog buku supaya saya belajar menulis review, biar habis membaca satu buku itu ada kenang-kenangannya. Semalaman saya mengumpulkan review-review buku dari blog pribadi dan dipindahkan ke blog buku itu. Setelah jadi, saya mendaftar dan keterima menjadi anggota ke-100 (pada daftar link-nya). Wuih... senang banget saat itu bisa keterima.

Senangnya ga berhenti setelah keterima itu. Kenalan dengan teman-teman yang punya hobby sama, ikut Secret Santa, dapat buku gratis, dapat pinjaman buku, ikut event-event giveaway (walaupun jarang menang :D ). Susahnya ya cuman satu aja... harus disiplin dalam menulis review.

Trus kenapa saya bangga menjadi seorang Blogger Buku? Tanpa mengecilkan arti dari blogger lainnya, menurut saya seorang blogger buku itu pasti orang yang istimewa. Membaca buku... siapa saja pasti bisa. Tapi menuliskan kembali isi sebuah buku (tanpa spoiler) itu tidak mudah. Dan tidak banyak orang yang mau meluangkan waktunya untuk itu. Kebanggaan saya yang lain adalah saya jadi punya identitas. Saya bukan sekedar blogger. Saya bisa menghasilkan sesuatu dari hobby saya. Dan yang terutama, saya mendapatkan "rumah" dan "keluarga" yang sama-sama mencintai buku di seluruh Indonesia.


Dan benar saja, setelah punya dua blog, saya jadi lebih sering meng-update blog buku dibandingkan blog pribadi tadi. Saya memang ga bisa mendua... hihi


*postingan ini dibuat dalam rangka Hari Blogger Nasional (27 Oktober)

40 comments on "Bangga Menjadi Blogger Buku"
  1. Hahaha mari kita racunin Desty untuk mau menimbun buku :p

    ReplyDelete
  2. hahaha....dari yang takut gak keurus, akhirnya malah mbak desty yg paling rajin update yaa

    ReplyDelete
  3. hihi, ayyook mbak desti di jogja pasti tambah rajin nimbun XD

    ReplyDelete
  4. Yup. Setuju kalau blogger buku adalah orang yang istimewa. Karena selain nulisin isi buku, dia juga secara ga langsung belajar nulis kan? :D
    Glad to meet you Mbak Desty, paling seneng pas event baca bareng Fifty itu, wkwkwk

    ReplyDelete
  5. samaaaa...akupun lebih rajin update blog buku drpd blog pribadi yg udah ada sejak 2003 hihihi...semangattttt

    ReplyDelete
  6. oh iya.. sejak gabung di BBI semangat nimbun meningkat :D

    ReplyDelete
  7. blog ini sih diusahakan tetap update... yg disebelah udah penuh sarang laba-laba :)

    ReplyDelete
  8. bikin event baca lagi yuk... selain Fifty :)

    ReplyDelete
  9. sepertinya gitu sih.. secara Jogja surganya buku murah :)

    ReplyDelete
  10. Mba desty kan yang paling rajiiin baca dan update *jadi malu*

    ReplyDelete
  11. hihihi setuju sama dewi, malah yang paling rajin update
    punya blog buku itu rasanya kayak kita nyimpen memori di kardus, apabila kita ingin melihat kembali kita tinggal membukanya :)
    sering ak kecele baca buku yang ternyata dulu pernah ak baca, ak emang pelupa parah dan bersyukur dengan adanya blog buku ini ak bisa menyimpan memori ttg buku dengan baik.
    ayo kapan-kapan ketemuan mb :)

    ReplyDelete
  12. wah blognya mbak desty ini paling sering urutan teratas di blogrollku karena paling update, salut sama semangat disiplin menulisnya :)
    wah keinginan saya juga tuh bisa kuliah (lagi) di Jogja, berhubung surganya buku murah dan kondusif banget buat cari buku-buku langka.

    terkait dengan blog pribadi, akhirnya memang susah jg yah berbagi cerita di dua tempat, ahaha

    ReplyDelete
  13. Ihik desty ini salah satu yang kecepatan bacanya bikin jeles >.<
    Oya sebenernya member BBI tuh gak ada angka urutannya, soalnya kan bisa ada yg "dieliminasi" dari list itu. Sama, aku juga punya blog pribadi bahkan blog rohani yg terabaikan, lebih sering (dan doyan) ngupdate blog buku aja :D

    ReplyDelete
  14. benar! perjuangan banget tuh, nulis review buku dengan menahan diri untuk TIDAK menulis spoiler! =))

    ma kasih, mbak desty, untuk semua yang telah kau lakukan untukku... hik... mwah!

    ReplyDelete
  15. cinta sejati kita memang di blog buku ya :D

    ReplyDelete
  16. Rajin baca biar ada bahan buat update blog-nya

    ReplyDelete
  17. salah satu alasan memilih kuliah (lagi) di Jogja ya itu.. surga buku murah :)

    ReplyDelete
  18. terima kasih, mbak. Soalnya buku udah jadi candu, jadi terapi stress juga.

    ReplyDelete
  19. cinta sejatinya di buku. Blog-nya hanya sebagai media saja :)

    ReplyDelete
  20. Iya.. kadang aku sendiri lupa kalo udah pernah bikin reviewnya

    ReplyDelete
  21. Waah, lama nggak main ke sini ternyata templatenya ganti. nice.

    hhmmm..pengen bisa banyak nulis review dan baca macam k' Desty. >.<

    ReplyDelete
  22. Mba desty ini yg kayaknya tiap hari pasti ada update-nya. Salut buangeeet!

    Btw, hati-hati jadi penimbun akut ya mba, apalagi tinggalnya deket banget sama TM.. awas godaan :))

    ReplyDelete
  23. Ketemu orang-orang yang sehobi memang menyenangkan ya Mbak dan setuju, punya blog buku jadi nambah semangat untuk belajar mereview buku :D

    ReplyDelete
  24. suka salut sama mbak Desty!!! Update reviewnya cepat banget deh mbak. Ngiri aku...

    ReplyDelete
  25. Sama! aku juga lebih sering update blog buku ketimbang blog pribadi. Hihihi...

    ReplyDelete
  26. Aku juga baru setelah gabung BBI semangat beresin account di Goodreads yg jarang banget dibuka. Padahal udah dari 2007 punya. Iya niy Desty termasuk yang rajin sekali mereview :)

    ReplyDelete
  27. [...] tanggal 15 November, saya membuat blog ini semalam suntuk. Kenapa? Udah pernah saya ceritakan di sini. Yang pasti, hari itu sangat bersejarah. Karena setelah hari itu, saya jadi tambah keranjingan [...]

    ReplyDelete
  28. sebenarnya aku juga ngincar urutan ke 100 di daftar BBI. tapi karena udah ngebet banget pengen jadi anggota akhirnya pasrah nerima urutan ke 90an. hehehehe...

    ReplyDelete
  29. goodreads ku juga jarang di-update, belakangan mulai rajin setelah rajin posting untuk BBI :). Btw, blog yang pertama di mana nih? hehe

    ReplyDelete
  30. semangat ngeblog terus kak :)

    ReplyDelete
  31. Kalau kuinget2, kita kenal pertama kan gara2 Vixxio ya, bener gak? hehe...dan sekarang kita sama2 jadi kakak-kakaknya Bebi! Untung ada BBI, dulu aku merasa terasing di dunia blogger, soalnya jarang bisa ketemu blogger yg ngerti buku, shg tiap kali post review, selalu komennya, 'wah kayaknya bagus', atau 'otakku gak mampu baca post ini'...capek deehhh! Sekarang bisa ketemu blogger yg punya kecintaan sama dan yg terbiasa baca buku. Thanks to bebi... :)

    ReplyDelete
  32. iya.. beberapa kali belanja di vixxio, trus baca blognya mbak Fanda. bikin saya semangat bikin blog buku

    ReplyDelete
  33. saya belum kesampaian membuat blog khusus review dan bergabung dengan BBI
    karena keterbatasan lingkup ruang saya yang merantau, keterbatasan waktu, juga keadaan. Tapi semoga someday saya bisa seperti kakak, amin

    ReplyDelete
  34. Menulis di blog memang seru apalagi buat kita yang gemar dengan baca dan nulis. Aku juga senang mengenal adanya blog. Kepengen juga buat rewiew buku2 yg udah kubaca tapi karena kesibukan sampai sekarang belum terealisasi :)

    ReplyDelete
  35. Hahaha..jadi blogger buku emang asik.
    Ingat waktu wawancara kerja, saya cerita ttg blogger buku.
    Ternyata itu jadi nilai plus soale bosku senang baca juga. (kulihat catetannya setelah aku diterima) haha :))

    Love bebi so much.

    ReplyDelete
  36. salut sama anggota BBI :)

    kalau saya masih termasuk orang yang belum bisa meluangkan waktu untuk membaca dan mereview buku (bukan gak mau lho ya :P)

    tapi ya aku sudah termasuk orang-orang yang senang bila berada diantara buku...
    (sering ngiler kalau di toko buku)

    ReplyDelete
  37. jadi malu soalnya saya termasuk orang yang jarang update blog ;p

    ReplyDelete