~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#145 A Golden Web


Judul Buku : A Golden Web
Penulis : Barbara Quick
Halaman : 274
Penerbit : Atria

Seorang Santa mengirimkan buku ini kepada saya di akhir tahun 2012. Buku ini sudah lama di dalam rak wishlist saya. Mungkin Santa tahu, kalau buku yang mengisahkan ahli anatomi perempuan pertama di dunia ini, sesuai dengan diriku yang menekuni ilmu Biologi. Terima kasih, Santa :)

A Golden Web adalah sebuah historical fiction  yang bercerita tentang Alessandra Gilliani. Alessandra kecil sudah terlihat jenius sejak bayi. Ketika beranjak dewasa, dia suka sekali membaca buku dan mencari tahu tentang alam sekitarnya. Beruntung baginya, ayahnya, Carlo Gilliani adalah pemilik percetakan yang menduplikasi buku-buku dari para penulis ternama. Di antara buku-buku itu adalah buku-buku tentang kedokteran.

Alessandra sangat tertarik dengan ilmu kedokteran. Salah satu hal yang mendorong dia tertarik dengan ilmu itu adalah karena dia harus menyaksikan ibunya meninggal akibat melahirkan adik bungsunya. Untuk mengeluarkan adiknya, tubuh ibunya harus dibelah demi menyelamatkan nyawa si anak. Tentu saja dengan mengorbankan nyawa ibunya. Sayangnya di masa itu, tidak ada perempuan yang bersekolah apalagi untuk masuk ke Universitas Kedokteran.

Ketika berusia 15 tahun, Alessandra harus menjalani masa pingitan sebelum menikah sebagaimana layaknya perempuan lain pada masa itu. Untuk menghindari pernikahan yang akan mengekang dirinya, Alessandra meminta untuk masuk ke dalam biara, dan tinggal di sana selama setahun. Tapi itu hanyalah sebuah bagian dari rencana besar Alessandra. Tidak lama setelah dia tinggal di biara, Alessandra melarikan diri ke Bologna. Tekadnya untuk belajar ilmu kedokteran membuat dia harus menyamar menjadi seorang laki-laki.

Alessandra atau Sandro, menjalani masa-masa penyamarannya dengan hati-hati. Berkat kecerdasannya, Sandro mampu menyelesaikan kuliahnya dengan cepat. Sandro pun menjadi murid kesayangan Mondino de' Liuzzi, professor ternama yang mengkhususkan dirinya mempelajari anatomi manusia. Banyak yang terpikat dengan kecerdasannya, termasuk seorang pemuda bernama Otto Angenius. Otto berusaha menjadi sahabat Sandro. Kedekatannya dengan Sandro membawa rasa aneh yang disukainya. Begitupun dengan Alessandra, Otto membuat getaran aneh di dalam dirinya apabila berdekatan dengannya.
 Perempuan diciptakan terakhir, setelah semua hewan dan Adam sendiri. Mengapa Tuhan melakukan itu jika Dia bermaksud menciptakan perempuan sebagai sesosok makhluk yang lebih rendah? Jika memang begitu, mengapa Dia tidak menciptakan perempuan tepat setelah hewan-hewan dan sebelum Adam?
 Kutipan di atas merupakan salah satu buah pikiran Alessandra, saat dia menyayangkan kondisi perempuan di mata masyarakat saat itu. Saya tidak  bisa membayangkan apabila saya berada di dalam kondisi itu. Saya pasti berharap punya keberanian seperti Alessandra yang menempuh segala resiko demi ilmu pengetahuan yang ingin diketahuinya.

Saya sangat menyukai membaca sebuah literatur fiksi/biografi yang bercerita tentang perempuan-perempuan hebat yang memeberikan sumbangan untuk ilmu pengetahuan. Hanya saja, saya kurang puas membaca buku ini, apalagi bagian akhir yang menggantung. Ada banyak pertanyaan yang muncul setelah saya menutup halaman akhir buku ini, khususnya apa penyebab kematian Alessandra Gilliani. Menurut penulis buku ini, kisah Alessandra Gilliani sendiri tidak banyak dijumpai. Ada spekulasi bahwa apa yang ditemukan Alessandra saat itu, catatan-catatannya, dimusnahkan karena dianggap mencemarkan keluarganya. Tapi bagaimanapun juga, buku ini membuat saya "berkenalan" dengan seorang perempuan hebat yang berjasa dalam ilmu anatomi manusia.



Dan... siapa Santa yang berbaik hati itu?

riddle dari santa 

Yang pertama memecahkan misteri Santa ini adalah suami saya. Dia yang menemukan kertas putih ini, dan setelah membacanya beberapa saat, dia hanya mengucapkan satu kata "balon". Dan kalimat terakhir, warna pelangi yang mendekati laut, mengarah ke kata "biru".

Dan yang semakin menguatkan identitas si Santa, adalah tanggal pengiriman yang tercantum di resi. Tanggal 20/12-2012. Di grup facebook ada satu orang yang mengaku baru mengirimkan paketnya pada tanggal tersebut.

Sudah jelas, Santaku adalah mbak @balonbiru alias mbak Nophie :D Terima kasih, mbak Nophie.

Itu Santa-ku, Siapa Santa-mu?


17 comments on "#145 A Golden Web"
  1. yeaaay =) berhasil menebak santa nih...keren ya teka tekinya..btw, buku ini mengingatkanku sama pope joan- tentang perjuangan perempuan di dunia yg masih hanya mengakui laki2 aja...

    ReplyDelete
  2. Waaaaaa Desty hebat bisa nebak teka tekinya.. Aku pasti bengong dan ngga nyambung.. Hihihi.. Btw aku punya buku ini, tapi ntah kapan dibaca, hiks..

    ReplyDelete
  3. suka sama riddlenya Nophie, dan suka sama bukunya juga! :D
    glad you liked it too.

    ReplyDelete
  4. *pengakuan* Yg kirim bukunya & yg nulis riddle-nya aku (Novi beli dari Vixxio), udah deg-deg-an aja jangan2 Desty ngenalin kurirnya dan/atau tulisanku di resi (soalnya pernah belanja di Vixxio), eh ternyata malah Novi sendiri yg buka kedok gara2 pengunguman bhw dia udah ngirim ya? Hahaha....

    Waktu nulis riddle itu, ikutan kagum juga sama tebakannya. Bahkan udah tahu jawabnya, aku masih gak bisa ngeliat clue-nya di mana. Well, it's a wonderful book too, and made me fall in love with Barbara Quick's writing.

    ReplyDelete
  5. weh bisa langsung ketebak aja, aku masih bingung sama riddlenya :))

    ReplyDelete
  6. Aku malah ga tahu kalau itu dari Vixxio. Soalnya udah lama banget ga belanja di Vixxio. :)

    ReplyDelete
  7. wuah selamat ka desty, bisa nebak juga... aku mlaha kebingungan ama riddlenya

    ReplyDelete
  8. Sama banget, aku sama sekali ga liat culenya dimana..
    Pas di ceritain mba Desty aku cuma teragum2 aja gitu kok bisa ngeh sih kalo itu balon :P
    Btw, bener gaaa? Mana nih Santanya hayo ngaku ^^

    ReplyDelete
  9. nimbun buku ini pasca kopdar XD

    ReplyDelete
  10. hebat deh suami mbak, bisa nebak riddle-nya, memang klo sdh tahu gampang nebak si balon biru :D
    ini cerita hisfic atau thriller mbak :D kapan hari sdh agak penasaran tapi blm tertarik sepenuhnya buat cari + baca

    ReplyDelete
  11. Waa....suamimu hebat, Des.
    Aku kemarin ragu-ragu antara Nophie ato gak.
    Soalnya aku gak bisa nebak maksud "kendaraan ke negeri para peri" itu.
    Yang soal "ada dalam lagu kanak-kanak", aku mikir antara pelangi, bintang ato balon.
    "Dibentuk-bentuk untuk diberikan pada jiwa muda", aku mikirnya balon (inget kebiasaan di Pizza Hut soalnya).
    "Dilepas waktu pernikahan", aku malah mikirnya merpati.

    Nah lhooo..Aku bingung mana clue yg jelas, balon ato bintang :))

    ReplyDelete
  12. yg bikin bingung tu kendaraan ke negeri para peri ituh :D
    tpi kalo di beberapa pernikahan dilepas itu memang ada sih...kalo di laur malah tu balon digantolin ke belakang mobil/motor si pengantin yg 'just married' :D

    ReplyDelete
  13. Justru karena pernah baca reviewnya dewi tentang balon sama asap yang dipake untuk ke langit di atas makanya saya bisa nebak soal balon itu.

    ReplyDelete
  14. ini sih hisfic ya.. ga ada thriller-nya kok

    ReplyDelete
  15. Huahahahaha teka-tekinya gampang khannn..
    banyak banget petunjuknya :)
    Tapi kok suamimu yg bs mecahin? wkwkwk..
    Clue dari mana dia? ah jadi penasarann...
    Glad u like it Desty ^_^

    ReplyDelete
  16. Hai..hai mbak Noph. Aku juga ga tahu. Tiba-tiba aja dia bilang balon. Katanya semua kalimat mengarah ke kata balon :D

    ReplyDelete