~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#146 Runtuhnya Sang Penguasa


Judul Buku : Runtuhnya Sang Penguasa
Penulis : Nur Laeliyatul Masruroh
Halaman : 220 
Penerbit : Raih Asa Sukses (Swadaya Grup)


Dalam sejarah dunia, ada banyak sekali pemimpin yang haus kekuasaan. Adolf Hitler, Mao Zedong, Napoleon Bonaparte, Soeharto, Vladimir, adalah beberapa nama yang terkenal karena sering disebut-sebut dalam literatur atau film. Tapi apakah anda mengenal Augusto Jose Ramon Pinochet Ugarte? Atau Jean Bedel Bokassa? Atau Agrippina?

Seandainya saya tidak membaca buku ini, mungkin saya tidak mengenal tiga nama terakhir yang saya tuliskan di atas.  Augosto adalah Presiden Chili yang menjadi pemimpin karena mengkudeta pemerintah terpilih Salvador Allende pada tahun 1974. Jean Bedel adalah presiden Republik Afrika Tengah yang membunuh ratusan anak-anak karena tidak mau menggunakan seragam buatan pabriknya. Sementara Agrippina adalah seorang kaisar perempuan Roma yang adalah juga ibu dari Kaisar Nero.

Menurut saya buku ini tipis untuk kategori sejarah. Saya membacanya hanya dalam jangka waktu semalam. Sekali membuka lembaran pertama, tidak bisa berhenti sampai lembar terakhir karena penasaran dengan tokoh-tokoh lainnya. Ada 66 orang tokoh yang diulas secara singkat tapi padat info dalam buku ini. Yang ada setelah membaca buku ini jadi semakin penasaran pengen tahu kisahnya (yang lebih panjang)dari beberapa tokoh dalam buku ini. Satu saja kekurangannya menurut saya adalah tulisan berwarna coklat yang membuat mata saya agak kesulitan beradaptasi (karena terbiasa dengan cetakan warna hitam). Kalau kamu penikmat sejarah dunia, ini salah satu buku yang patut dikoleksi. Tapi pembaca umum seperti saya ini ternyata juga menikmati buku ini.

Saya mengapresiasi penulis (yang juga adalah teman kuliah saya dulu), walaupun latar belakang pendidikannya jauh dari sejarah, tetapi dia melakukan riset untuk bukunya ini. Mungkin ide membuat buku ini muncul ketika dia menjalani profesi sebagai wartawan. Tebakan super ngaco ya, Lel?


2 comments on "#146 Runtuhnya Sang Penguasa"