~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#358 Insurgent


Judul Buku : Insurgent (Divergent #2)
Penulis : Veronica Roth
Halaman : 551
Penerbit : Mizan Fantasy

Setelah menamatkan buku #1, saya langsung membaca buku #2 ini. Apalagi buku ini pemberian Santa yang memang wajib direview bulan ini. Yah..sekalian menuntaskan rasa penasaran dengan nasib Tris dan Four.

Di akhir buku #1 dikisahkan jika Tris, Four, Marcus, Caleb dan Peter pergi ke faksi Amity untuk mendapatkan perlindungan dari Erudite dan Dauntless. Meski diterima oleh faksi cinta damai itu, mereka tidak mendukung apa yang dilakukan oleh Tris dan kawan-kawan. Di Amity, mereka juga berjumpa dengan beberapa pelarian Abnegation yang berhasil selamat.

Jeanine, pimpinan faksi Erudite, ternyata tetap mencari Tris dan Four. Selain itu Jeanine tetap mengembangkan banyak simulasi yang ditujukan bukan hanya pada faksi Dauntless tapi juga pada Divergent. Tris sempat mengira Jeanine haus kekuasaan, sampai dia mendengar pembicaraan Marcus dengan wakil faksi Amity mengenai rahasia besar. Rahasia yang membuat faksi Abnegation rela berkorban dan Erudite rela membunuh. Rahasia yang ingin diungkapkan oleh Tris apapun resikonya.

Ternyata Jeanine menemukan Tris dan Four di Amity. Saat penyergapan mereka kabur dan pergi ke kelompok factionless. Alangkah terkejutnya Tris ketika dia mengetahui Four menyimpan rahasia tentang dirinya berkaitan dengan kaum tanpa faksi itu. Ngomong-ngomong soal hubungan Tris dan Four, di buku #2 ini mereka lebih banyak bertengkar dan saling curiganya daripada mesranya.

Jujur saja membaca Insurgent yang alurnya cepat ini rasanya agak ngambang buat saya. Saya tetap tidak memfavoritkan Tris yang makin sering galau dan bertindak sendiri, juga Four yang sepertinya menyimpan banyak rahasia. Apalagi banyak twist di dalam buku ini. Orang yang tadinya teman jadi lawan, lawan jadi teman. Akan tetapi, asyiknya karena Tris dan Four "banyak kali berpindah tempat", kita jadi bisa memahami karakter dan lokasi faksi-faksi selain Dauntless dan Abnegation. Daaannn...pintarnya Veronica Roth mengungkap rahasia yang disembunyikan Marcus di akhir cerita membuat saya terpaksa penasaran dengan buku #3. :)

3 stars

Banner_BacaBareng2015-300x187

Okeeeyyy.... cukup dengan bukunya. Karena saya termasuk telat bacanya, kayakya review di atas juga udah sering dibaca di tempat lain. Sepertinya yang paling ditunggu-tunggu dari postingan ini adalah menebak siapa Santa yang mengirimkan buku ini untuk saya.

Jadi...saya menerima buku ini dengan sepucuk riddle dari Santa. Riddle-nya pun bisa dibilang sangat minim info. Hanya berupa gambar dan sebaris kalimat yang menyuruh saya mencari si Santa di gambar itu.

pesan cinta dari santa

pesan cinta dari santa

Pertama yang terlintas di benak saya adalah gambar ini pasti berhubungan dengan blog-nya Santa. Memanfaatkan google image, saya mencoba mencari situs yang memuat gambar ini. Ternyata nggak mengarah ke blog manapun. Seorang teman menyebutkan jangan-jangan maksudnya "lensa buku". Tapi si empunya blog itu setahu saya tidak ikutan SS. Ada juga yang mengusulkan mencari blog dengan kata kunci "lemari buku atau rak buku". Tapi apa iya semudah itu?

Namun makin mendekati batas waktu menebak si Santa, saya ndak nemu ide baru. Akhirnya saya memberanikan diri menebak Santa saya yang baik hati adalah Mbak Ferina pemilik blog http://lemari-buku-ku.blogspot.com. Dear Santa, benarkah tebakanku?

* diikutkan dalam Lucky No.15 Reading Challenge kategori Chunky Brick
15 comments on "#358 Insurgent"
  1. Ih aku tuh buku serial ini sama Mortal Instruments tuh udah lama pengen baca cuma males. hahaha. Tinggal Allegiant dong ya mbak?

    ReplyDelete
  2. Siapakah akhirnya SS mbak Desty pemirsah? *ikut penasaran*

    ReplyDelete
  3. aku kira mbak Evyta dar lensa buku. Ternyata, bukan ya?
    Eh, aku mau baca buku kelanjuta dari divergent. Hanya saja, aku masih menuggu yang kover film nya keluar :D

    ReplyDelete
  4. Riddlenya simple tapi bikin bingung juga.

    ReplyDelete
  5. Allegiant udah baca. Tinggal reviewnya belum tayang :)

    ReplyDelete
  6. riddlenya susah.
    Aku males gak suka Insurgent, plotnya kentara bgt dipanjang-panjangin.

    ReplyDelete
  7. Riddlenya susah, untung ketebak mbak :)

    ReplyDelete
  8. Yeaay selamat karena tebakanmu bener ya mbaak. Wkwkwk. Aku nyerah duluan sama serial ini, entah sama sekali ngga tertarik. Udah mukok mukok sama dystopian kayaknyaaa

    ReplyDelete
  9. ya ampun, ini sepertinya di banyak blog aku komentar di bawah bzee & vina mulu yak?
    Mbk Desty, untung riddlenya bukan dari aku lagi ya, hahahaha

    ReplyDelete
  10. keren ih mbak desti.. walaupun riddlenya simpel tapi ketebak juga..

    ReplyDelete
  11. Haaaaa ternyata bener mbak Ferina hehehe

    ReplyDelete
  12. Wah bener mba ferina yaaa hahaha asiik

    ReplyDelete
  13. dari semua seri divergent aku paling suka yang ini :)

    ReplyDelete