~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#456 Runaway Ran


Judul Buku : Runaway Ran
Penulis : Mia Arsjad
Halaman : 368
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama


Katrina, gadis manja yang memiliki hobi belanja online. Sewaktu ayahnya masih menjabat sebagai direktur di sebuah perusahaan, dia tidak kekurangan dana untuk belanja. Tetapi sejak ayahnya mengalami masalah di kantor, Katrina harus belajar irit. Agar hobinya tetap jalan, Katrina harus mencari pekerjaan.



Dengan bantuan Alya, sahabatnya, Katrina akhirnya mendapat pekerjaan sebagai asisten dari seorang komikus terkenal bernama F.J. Ran. . Tugasnya sederhana, dia hanya membantu manambahkan arsiran, menghapus garis, dan mengerjakan beberapa hal sederhana lainnya. Yang membuat Katrina tidak nyaman adalah sikap Ran, boss-nya, yang kayak mix and match. Kadang jutek dan judes, kadang jadi baik. Belum lagi muncul Viana, pacarnya Ran yang sudah bisa jadi saingan nenek lampir. Kalau nggak ingat honornya yang menggiurkan, Katrina sudah minta berhenti saja.

Konflik mulai muncul ketika Katrina sedikit demi sedikit mengetahui tentang kehidupan Ran. Di balik sikap judesnya itu, Ran ternyata menyimpan dendam yang besar karena kehidupannya di masa lalu. Semakin memahami Ran, membuat perasaaan Katrina mulai berubah. Bagaimana jika dia jatuh hati pada bossnya itu, sementara si boss masih punya pacar?

Sudah lama saya penasaran dengan novel ini. Dan ketika menemukannya di iPusnas, saya girang sekali. Saya sudah suka dengan gaya bercerita Mia Arsjad yang  ala sitkom romantis sejak lama. Dialog-dialog dan alur ceritanya tidak membosankan, bahkan membuat saya senyum-senyum sendiri saat membacanya. Karakter seorang komikus yang jarang diangkat dalam novel-novel metropop menambah satu poin untuk novel ini. Saya suka dengan karakter Katrina yang meskipun manja tapi setia kawan dan bisa berpikir dewasa. Katrina bahkan bisa membuat sahabatnya, Alya dan bossnya, Ran terselamatkan dari rasa malu karena kedewasaan berpikirnya. Sementara karakter Ran ini perpaduan antara minta ditabok dan pengen disayang-sayang. Hehe....

Sebenarnya ide cerita jatuh cinta antara boss dan asisten, atau dari nggak suka menjadi teman sudah sering diangkat. Selain kedua hal itu, pembaca disuguhkan beberapa fenomena di kota metropolitan seperti perselingkuhan, depresi, balas dendam, hingga gila belanja. Tetapi cara Mia Arsjad menggiring pembaca dari satu konflik ke konflik berikutnya dengan cukup mulus membuat saya tidak merasa bosan.

Empat bintang untuk Ran dan Katrina.

4 stars

1 comment on "#456 Runaway Ran"
  1. Saya juga suka novel ini. Dan dari review saya, saya memberikan 4 bintang. Soalnya eksekusi ending cerita yang menurut saya kurang nampol.

    ReplyDelete