~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#479 Kesetiaan Mr. X



Judul Buku : Kesetiaan Mr. X
Penulis : Keigo Higashino
Halaman : 320
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama


Ishigami adalah seorang guru SMA yang juga genius di bidang matematika. Setiap hari sebelum berangkat kerja, dia mampir untuk membeli makan siangnya di sebuah kedai bento. Sebenarnya yang diinginkan Ishigami bukan hanya sekadar membeli bento, tetapi untuk bertemu dengan Yasuko, perempuan yang bekerja di kedai bento tersebut. 


Yasuko hidup berdua dengan anaknya, Misato. Yasuko bercerai dengan suaminya Shinji Togashi lima tahun yang lalu. Yasuko memilih berpisah dengan Togashi karena suaminya itu berubah setelah dipecat dari kantornya karena menggelapkan dana perusahaan. Togashi hanya bermalas-malasan, sering mabok dan pergi berjudi. Togashi sering mengambil gaji istrinya. Misato juga merasa takut dengan Togashi. Bahkan setelah mereka bercerai, Togashi masih sering datang meminta uang pada Yasuko.

Hari itu, Togashi kembali datang. Dia bahkan mendatangi Yasuko di rumahnya. Togashi ingin rujuk kembali tetapi Yasuko menolak. Mereka terlibat pertengkaran dan tiba-tiba Misato memukul kepala Togashi. Togashi pun berang dan ingin memukul Misato. Merasa terancam, Yasuko melakukan perlawanan. Dia mengambil kabel kotatsu dan mencekik Togashi. Entah beberapa lama waktu berlalu, hingga Misato menyadarkan Yasuko. Togashi sudah terbujur kaku dan tidak bernafas lagi. Yasuko panik dan ingin menyerahkan diri kepada polisi. Saat itu Ishigami datang, dan selanjutnya Ishigami membantu Yasuko menghilangkan jejak Togashi.

Ketika polisi menemukan mayat yang dibuang di dekat pabrik, penyelidikan pun dimulai. Detektif Kusanagi mencurigai Yasuko tetapi perempuan itu punya alibi. Kusanagi pun meminta bantuan Manabu Yukawa, seorang ahli fisika yang juga dikenal dengan Detektif Galileo. Ternyata Yukawa dan Ishigami berasal dari almamater yang sama, dan dulu mereka cukup akrab.

Novel ini lebih terasa misterinya dibandingkan thriller-nya. Pembunuhnya sudah diketahui di awal kisah dan sepertinya pembaca bisa memahami hal yang dilakukan Ishagami pada mayat Togashi (dia memecah kepala korban dan membakar jari-jari tangannya untuk menghilangkan jejak). Yang menjadi inti dari novel ini adalah bagaimana upaya Ishigami menutupi jejaknya, serta detektif yang dibantu oleh Yukawa menganalisis kasusnya. Ahli matematika beradu strategi dengan ahli fisika. Mungkin sedikit terasa seperti filsafat ketika kedua orang ini berdialog. Tapi itu menggiring pembaca ke twist yang terjadi di akhir kisah.

Lantas apa makna kesetiaan seperti yang ada di judulnya? Siapa Mr. X? Dia adalah Ishigami. Ishigami diam-diam mencintai Yasuko karena alasan yang diungkap di akhir kisah. Ishigami memutar otak untuk mengalihkan perhatian polisi sejauh mungkin dari Yasuko. Ishigami mau melakukan apapun untuk Yasuko. Itulah makna kesetiaan bagi Ishigami.

Sebenarnya novel ini masuk dalam agenda baca bareng bersama beberapa teman di awal Januari kemarin. Tetapi karena satu dan lain hal, saya tidak bisa konsentrasi membacanya. Saya memang selalu kesulitan dalam membaca novel Jepang karena nama-nama tokohnya terasa sulit dihapalkan. Yang membuat saya menyukai kisah ini karena cara berceritanya yang lugas dan tidak menimbulkan makna ambigu sebagaimana novel Jepang populer. Terjemahannya juga bagus, meski ada beberapa typo. Saya menunggu kisah Detektif Galileo lainnya.

4 stars
Be First to Post Comment !
Post a Comment