~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#486 Touché: Alchemist


Judul Buku : Touche : Alchemist (Touche #2)
Penulis : Windhy Puspitadewi
Halaman : 224
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama


Hiro Morrison, seorang anak genius keturunan Jepang-Amerika, tanpa sengaja berkenalan dengan Detektif Samuel Hudson dari Kepolisian New York. Kala itu, Sam sedang menyelidiki kematian seorang wanita. Hiro terlihat berkeliaran di tempat kejadian perkara sambil membawa cotton bud. Yang awalnya menyadari kehadiran Hiro adalah Karen, anak gadis Sam.


Hiro lantas mendekati Karen, dan memberitahukan mengenai kejadian saat korban dibunuh dan siapa pembunuhnya. Sam tentu saja tidak percaya begitu saja dengan Hiro. Namun tebakan Hiro benar. Setelah beberapa kali menggunakan jasa Hiro, akhirnya Hiro diangkat sebagai konsultan Kepolisian New York.

Sebenarnya Hiro tidak tahu bahwa dirinya adalah seorang Touche. Dia hanya menyadari kemampuannya dimana saat dia menyentuh sesuatu dia akan segera mengetahui susunan kimia dari apa yang disentuhnya itu. Dia bahkan bisa mengetahui DNA manusia hanya dengan menyentuh bagian tubuh dari manusia. Ditambah kejeniusannya, Hiro bisa mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di Columbia University.  

Beberapa kasus berhasil dipecahkan oleh Detektif Sam dengan bantuan Hiro. Meski terkadang Sam kesal dengan kesombongan Hiro, dia tetap mengakui bakat istimewa dari Hiro. Di suatu kasus pembunuhan, tanpa sengaja Hiro bertemu dengan Yunus King. Kalau yang membaca Touche #1 pasti masing ingat dengan Yunus, si Track Finder. Yunus berusaha mendekatinya, bahkan tidak segan menguji Hiro untuk meyakinkan dirinya bahwa Hiro adalah seorang Touche. Sayangnya gaya angkuh Hiro yang terkesan tidak membutuhkan orang lain itu selalu menyepelekan Yunus.

Hingga akhirnya Hiro menjumpai satu kasus pengeboman berantai yang membuatnya berpikir keras. Kemampuannya benar-benar diuji, karena kali ini yang menjadi korban adalah orang terdekatnya.

Setelah hampir lima tahun, akhirnya saya bisa membaca kelanjutan kisah para Touche. Berbeda dengan buku #1, kali ini hanya ada satu orang Touche yang berperan (dua orang jika menghitung Yunus). Saya mengapresiasi riset-riset ilmiah yang tentunya dilakukan oleh penulis berkaitan dengan unsur kimia ataupun struktur kimia. 

Yang unik adalah ketika penulis membuka kisah ini dengan memperkenalkan seorang gadis bernama Karen, yang tidak lain adalah putri Detektif Sam. Di pertengahan kisah, sosok Karen bahkan nyaris tidak masuk hitungan, kecuali bagian antar-jemput Hiro. Saya sempat berpikir Karen adalah sekadar pemanis saja, tapi ternyata ada kejutan yang menyenangkan di akhir kisah ini. 

Sepertinya kisah Touche belum ada kelanjutannya lagi. Buku ini terbit pada bulan Maret 2014, dan sampai sekarang belum ada lagi kabar mengenai Touche #3. Padahal saya berharap bakal ada series untuk anak-anak "penyentuh" yang keren ini.

Empat bintang untuk Hiro.



3 comments on "#486 Touché: Alchemist"
  1. Ada kelnjutannya kok. Insya Allah terbit tahun ini.
    Udah diumumkan mbak W di twitter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Really? Wow...ditunggu bukunya :)

      Delete
  2. Iya, kabarnya akan terbit tahun ini. Setelah menunggu dari tahun 2014 berharap segera terbit kelanjutannya. :)

    ReplyDelete