~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#490 Other Half of Me


Judul Buku : Other Half of Me
Penulis : Elsa Puspita
Halaman : 268
Penerbit : Bentang Belia


Arkharega harus membayar kesalahannya karena memancing emosi Papa. Sekarang dia terpaksa ikut ekstrakurikuler parkour, gara-gara ikut balapan liar dan mendapatkan kecelakaan. Cidera lututnya belum sepenuhnya pulih, tapi menurut Papa olahraga ini lebih cocok untuknya daripada balapan motor. Jika saja bukan Papa yang menyuruhnya, Arkha tidak akan mengikuti olahraga ini.

Bagi Arkha, Papa adalah pusat gravitasinya. Satu hal yang tidak diinginkannya adalah ditinggalkan lagi oleh Papa. Papa mengadopsinya dari Panti Asuhan "Pondok Langit" saat berumur sepuluh tahun. Sudah sembilan tahun lebih Arkha bersama Papa, yang masih melajang di usianya yang kepala tiga itu. Kalau orang lain melihat Papa dan Arkha, tidak ada yang menyangka mereka adalah ayah-anak. Biasanya orang akan menebak mereka sebagai kakak-adik. Arkha tahu Papa sangat menyayanginya, dan tentu saja Arkha juga mencintainya (selain Bunda Intan dan Eyang Uti).

Bhaga Gardapati mengadopsi Arkha untuk menebus kesalahannya di masa lalu. Dulu dia meninggalkan Arkha di tangan Ibu Intan, pemilik Panti Asuhan "Pondok Langit". Bhaga sendiri bingung dan panik, di usianya yang masih 20 tahun harus merawat seorang bayi. Tiga tahun kemudian, setelah Bhaga menamatkan pendidikan S2-nya di Amerika, dia kembali untuk bertemu dengan Arkha. Bhaga belum bisa mengakui siapa dirinya sebenarnya kepada Arkha. Dia harus melakukan itu, tapi menunggu waktu yang tepat.

Tetapi, semenjak Bhaga Gardapati (Papanya Arkha) mencalonkan diri untuk menjadi anggota legislatif Kota Malang, ketenangan mereka mulai terusik. Media mulai mengungkap rahasia masa lalu mereka berdua. Eyang Tio, yang sejak awal tidak mau menerika kehadiran Arkha dalam keluarga besar Gardapati, juga mulai murka. Arkha takut dia akan kehilangan Papa.

Novel karya Elsa Puspita selalu punya sesuatu yang berbeda. Ini yang membuat saya selalu mencari novel terbarunya. Saya selalu suka cara Elsa merangkai kalimat yang menarik, tidak membosankan, dan pasti membuat saya tidak bisa melepaskan buku ini sampai halaman terakhir. Kali ini, Elsa mengangkat hubungan antara seorang pria dengan anak angkatnya. Chemistry antara mereka berdua begitu kuat. Mereka bisa bercanda namun juga bisa serius. Bhaga dan Arkha memang sudah seperti satu jiwa. Meskipun Bhaga sangat sibuk dengan bisnisnya, dia tetap mengutamakan anaknya. Begitupun Arkha, dia rela melakukan apa saja asal tidak kehilangan Papanya.

"Australia?" Papa mengernyitkan dahi. "Kenapa tiba-tiba mau ke sana?"
"Lanjtin kuliah di sana. Bosen di sini."
"Ngapain? Ternak kanguru?"
"Kawin lari sama koala."

Sosok Arkha juga istimewa. Dia ceria, meski sebenarnya keceriaannya itu adalah topeng untuk menutupi kegalauan hatinya. Tampang Arkha yang lebih dari lumayan membuatnya menjadi idola para gadis. Arkha senang-senang saja ketika gadis-gadis itu menganggapnya sebagai pacar. Padahal sesungguhnya Arkha tidak mau berbuat lebih dari sekadar menemani mereka makan malam. Kedewasaan Arkha dalam menghadapi masalahnya juga patut diacungi jempol. Dia menggunakan olahraga parkour sebagai pelariannya.

Parkour bukan cuma tentang melompat sana-sini aja, tapi juga tentang disiplin diri. Tentang gimana kita menghadapi rintangan.

Saya menganggap pemilihan olahraga yang mulai digandrungi oleh anak muda ini pas banget dengan permasalahan yang dihadapi Arkha. Menariknya lagi, olahraga ini bukan hanya sekadar tempelan saja, tetapi juga mengambil peran penting dalam perubahan karakter Arkha. Kalau ingin lebih tahu soal olahraga ini, tidak ada salahnya membaca novel ini. Penjelasan tentang parkour cukup banyak di dalam novel ini, tapi tentu saja tidak mengurangi esensi kisahnya. 

Kalau kamu pengen mendapatkan buku ini dengan gratis, pastikan diri kamu untuk ikut Giveaway di blog ini ya... Siapa tahu kamu beruntung. Saya yakin, kamu akan jatuh cinta pada Arkha setelah membaca novel ini. Minimal berharap pengen punya Papa seperti Bhaga :)








Be First to Post Comment !
Post a Comment