~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#45 The Power Of Six


Judul Buku : The Power Of  Six
Penulis : Pittacus Lore
Halaman : 511
Penerbit : Mizan Fantasi


Awalnya saya mengira buku ini akan bercerita tentang Enam, salah satu Garde dari Planet Lorien. Tetapi ternyata Enam sudah mendapat bagian khusus di The Lost File : Six's Legacy. Apalagi kisah di buku sekuel I Am Number Four ini dibuka oleh Marina, Garde nomor Tujuh. Artinya, dalam buku ini mulai bermunculan Garde lainnya.

Marina, nama bumi untuk Tujuh, adalah seorang wanita seperti Enam. Cepannya bernama Adelina. Sejak turun dari pesawat Loriec, mereka berkelana jauh dan sepertinya mengalami nasib paling tidak menyenangkan. Terlunta-lunta di jalanan, menjadi pengemis, hingga akhirnya mereka terdampar di sebuah biara di Spanyol. Adelina, mungkin karena putus asa akan nasib yang mereka alami, kemudian menjadi biarawati dan melupakan tugasnya untuk melatih Tujuh.

Tujuh yang hampir mencapai usia 18 tahun, syarat untuk tetap berada di biara, mulai tidak betah dengan kehidupan biara. Dia tahu tempatnya bukan di situ. Ketika dia melihat berita-berita di internet tentang John Smith di Ohio, Amerika Serikat, dia berusaha mencari takdirnya. Perlahan seiring dengan munculnya Pusakanya (kemampuan untuk menyembuhkan makhluk hidup dan bernafas di dalam air), Tujuh mencoba meyakinkan Adelina akan takdir mereka.

Sementara itu, Empat, Enam, Sam, dan Bernie Kosar memulai perjalanan mereka mencari Garde lainnya. Perjalanan itu dipersulit dengan kenyataan John (Empat) dan Sam dianggap sebagai teroris yang sudah menghancurkan bangunan sekolah. Mereka menjadi salah satu dari daftar buronan FBI. Berkali-kali mereka harus meloloskan diri baik oleh kejaran polisi maupun Mogadorian. Kenyataan bahwa mantera pelindung telah terpatahkan membuat keadaan mereka semakin sulit. Yang menarik adalah romantisme di buku fantasi action ini tidak terlupakan. Sam yang menyukai Enam, juga menyadari bahwa Empat mulai jatuh cinta pada Enam. Walaupun Empat terus menyangkal dengan mengatakan dia sudah jatuh cinta pada Sarah, dan sebagai Loric mereka hanya jatuh cinta sekali seumur hidupnya. Enam sendiri menunjukkan perhatian yang sama pada Sam dan Empat.

Dalam peti Loric peninggalan Henri untuk Empat, ada sebuah surat yang ditulis oleh Henri sebelum kematiannya. Surat itu mengatakan bahwa ayah Sam adalah manusia pertama yang menolong mereka, dan ayah Sam mempunyai alat pemancar untuk menemukan Garde lainnya. Mereka memutuskan untuk kembali ke Ohio, demi menemukan alat itu. Kepercayaan diri Sam semakin bangkit, bahwa keyakinannya ayahnya masih hidup adalah benar.

Empat, Enam, Sam dan Bernie Kosar kembali ke Ohio. Saya sempat kesal membaca bagian ini, dimana Empat dengan begitu egoisnya berusaha menemui Sarah, dan mencelakakan teman-temannya. Empat menemui ganjarannya ketika Sarah ternyata mengkhianati dia, dengan menyerahkan mereka ke polisi. Untungya ada Enam yang (lagi-lagi) kembali menyelamatkan mereka.

Dibandingkan dua buku sebelumnya, saya sangat suka buku ini. Selain alurnya lebih cepat dengan adegan action lebih banyak, di buku ini mulai bermunculan Garde-Garde lainnya. Fakta tentang Lorien dan pesawat kedua yang datang juga ada di buku ini. Ternyata selain Empat, Enam, dan Tujuh, ada  juga Sembilan dan Sepuluh (Garde terakhir yang masih bayi ketika datang ke Bumi).  Tidak sabar untuk membaca buku ke tiga, The Rise Of Nine yang kabarnya akan terbit Agustus 2012 (masuk Indonesia kapan ya?)

Btw, saya penasaran dengan penulisnya, Pittacus Lore. Saya mencoba mengunjungi situsnya di sini, tapi tidak menjumpai keterangan apa-apa tentang siapa dia sebenarnya. Di sana dia mengatakan kalau dirinya salah satu tetua Loric yang turun ke bumi untuk menceritakan tentang Sembilan Garde pahlawan Lorien. Dari beberapa sumber mengatakan bahwa Pittacus Lore adalah James Frey. Ohya, di situsnya itu kita bisa mencoba aplikasi untuk mengetahui Pusaka Loric apa yang ada di dalam diri kita. Berani mencoba?



8 comments on "#45 The Power Of Six"
  1. Pittacus Lore itu gabungan 2 penulis (lupa nama mereka)

    ReplyDelete
  2. ada yang punya info the power of six masih dijual atau ga dan dimana? aku lagi nyari2 dan ga dapet,tolong bantuannya ya

    ReplyDelete
  3. klo ada kbar versi indonesia rise of nine ud keluar share ya
    zhonghui_30@yahoo.com thx

    ReplyDelete
  4. D makassar banyak... :-)

    ReplyDelete
  5. Apakah masih ada buku the power of six nya di daerah makasar?

    ReplyDelete
  6. Saya juga, tolong yaaa Ismah2898@gmail.com Terima kasih :)

    ReplyDelete
  7. bisa kasih tau gak cara download novel lewat pdf gimana ? kalo ada yg tau tolong dong kasih tau carany , makasih

    ReplyDelete