~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#57 Nefertari : Sang Ratu Heretik


Judul Buku : Nefertari Sang Ratu Heretik
Penulis : Michelle Moran
Halaman : 443
Penerbit : Esensi

Nefertari adalah anak dari adik perempuan Ratu Nefertiti, Mutnodjmet. Ketika Nefertiti dibunuh pleh pendeta Aten, Wazir Ay (ayahnya) menjadi seorang Firaun. Akan tetapi Firaun Ay hanya berkuasa sebentar, karena Firaun Ay dan semua keluarganya tewas terbakar. Ada yang mengatakan peristiwa tersebut adalah kecelakaan, tetapi banyak juga yang mengatakan bahwa mereka sengaja dibakar oleh pendeta-pendeta Aten. Untung bagi Mutnodjmet (dan Nefertari yang masih dalam kandungan), malam itu sedang berjalan-jalan di taman sehingga bisa lolos dari kebakaran maut. Jenderal Horemheb mengambil alih kekuasaan dengan menikahi keluarga Firaun tersisa yakni Mutnodjmet. Ketika Firaun Horemheb berkuasa, dia menghapuskan seluruh arca dan lukisan tentang keluarga Nefertiti tanpa tersisa. Dia pun mengumumkan bahwa Dinasti Nefertiti adalah kaum heretik (sesat). Sejarah Nefertiti dan keluarganya dihapuskan. Ketika Mutnodjmet melahirkan putrinya, Nefertari, dia pun wafat. Nefertari adalah satu-satunya putri dari Dinasti Nefertiti yang tersisa. Nefertari dinamakan seperti nama bibinya. Walaupun dia tetap dibesarkan di dalam lingkungan istana, akan tetapi julukan heretik tidak pernah terlepas darinya.

Firaun Horemheb tidak mempunyai keturunan, sehingga dia mengangkat Jenderal Ramses I menjadi Firaun selanjutnya. Ketika Firaun Ramses I mangkat, Mesir dipimpin oleh Firaun Seti putranya. Ramses I sendiri mempunyai dua orang putri lainnya, Henuttawy dan Woserit yang menjadi Pendeta Wanita Agung. Henuttawy adalah Pendeta Agung Isis dan Woserit adalah Pendeta Agung Hathor.

Nefertari tumbuh dan besar bersama Ramses II. Bersama dengan Asha (anak seorang Jenderal) mereka bertiga sering pergi berburu. Di antara Nefertari dan Ramses II mulai tumbuh benih-benih cinta. Akan tetapi ketika Ramses II diangkat menjadi Firaun Mesir Hulu, dia dinikahkan dengan Iset. Nefertari merasa sangat sedih, tapi dia menyadari status heretik yang disandangnya membuat rakyat Mesir tidak mempercayai dia. Apalagi Pendeta Agung Henuttawy berusaha meyakinkan Firaun Seti agar menjadikan Iset sebagai Permaisuri Utama. Langkah tersebut ditempuh oleh Pendeta Agung Henuttawy agar rakyat Mesir lebih sering berkunjung ke kuil Isis, sehingga dia lebih banyak memperoleh pundi-pundi persembahan.

Pendeta Agung Woserit, yang mengetahui kelicikan Henuttawy membawa Nefertari ke kuil hathor. Di sana dia dibimbing menjadi seorang putri bukan hanya cantik tapi juga cerdas dan pemberani.  Tidak heran jika Firaun Ramses II semakin cinta padanya, dan meminta Nefertari untuk menjadi istrinya. Dengan segala kepandaian Nefertari, akhirnya dia terpilih menjadi Permaisuri Utama.

Bulan ini, sehubungan dengan Hari Wanita Internasional yang jatuh di bulan Maret,  anggota Blogger Buku Indonesia (BBI) mengadakan acara baca bareng buku bertema perempuan. Saya memilih untuk membaca dua buku yang menceritakan tentang perempuan dari Mesir yang dengan kepandaian mereka akhirnya bisa memimpin rakyat Mesir. Kedua perempuan ini adalah Nefertiti dan Nefertari. Yang menarik dari keduanya adalah bukan hanya kecantikan mereka yang membuat mereka terpilih menjadi istri Firaun, tetapi juga kepandaian dan strategi yang mereka terapkan untuk mencapai tujuan mereka.

Dalam buku ini, tujuan utama Nefertari adalah memenangkan cinta Ramses II. Dia sadar bahwa kecantikan bukanlah satu-satunya modal utama memikat Ramses II. Dengan kemampuan berbahasa asing (dia mampu menguasai 8 bahasa asing...canggih ya), keberanian maju ke medan perang, kebijaksanaan menghadapi masalah di Balairung Sidang membuat dia menjadi kesayangan Ramses II.  Ramses II sendiri adalah Firaun yang paling terkenal di Mesir. Di masa pemerintahannya dia banyak membangun peninggalan sejarah yang masih dikenang sampai saat ini. Jika sebuah pepatah mengatakan bahwa di belakang pria yang sukses ada seorang wanita yang hebat, maka demikian juga yang terjadi pada Firaun Ramses II. Dengan adanya Nefertari sebagai partnernya dia mampu menjadi Firaun Mesir yang hebat. Kalau jaman sekarang, Nefertari mungkin bisa jadi Mentri Luar Negeri kayak Hillary Clinton ya

Terlepas dari beberapa hal yang hanya merupakan rekaan penulis dalam buku ini (sehingga buku ini dikategorikan sebagai fiksi), saya sangat menyukai cerita Nefertari ini. Penulisnya mampu menghadirkan kisah sejarah menjadi sebuah cerita yang mengalir dan mampu dicerna oleh masyarakat awam. Saya memberikan empat bintang untuk Nefertari.


PS. Postingan untuk Name In A Book Challenge 2012

21 comments on "#57 Nefertari : Sang Ratu Heretik"
  1. wah esensi pasti mahal nih harganya wkwkwk itu kok covernya terlalu Jessie Price tag ya hahaha

    btw ratu ini memang legendaris dan masuk sebgi salah satu ratu mesir paling misterius dan kontroversial ... nice repiu cm kurang panjang aja repiunya eheheh

    ReplyDelete
  2. masak sih mirip Jessie? Gara-gara matanya kali ya...
    Saya minjam dari perpus daerah buku ini, ga beli :)
    soal review sengaja biar ga spoiler, mas

    ReplyDelete
  3. kalo cerita jaman dulu gini
    saya suka versi Agatha Christie nya itu
    haduh judulnya lupa :D

    ReplyDelete
  4. Nama-nama mesir ini agak memusingkan ya.. Ceritanya menarik, tapi jadi lebih pengen lebih tau lebih jauh tentang ceritanya Nefertiti.. Btw iya covernya mirip Jessie J..

    ReplyDelete
  5. malah baru tau tentang nefertari, dulu taunya nefertiti aja =) interesting deh, dan hebat juga perpus daerah punya buku2 gini ya!

    ReplyDelete
  6. Hehe.. Cantik yang ini ah dibanding Jessie J :D

    ReplyDelete
  7. Ada 3 buku tentang Ratu Mesir yang ditulis oleh Michelle Moran : Nefertiti, Nefertari dan Selene. Sekarang lagi baca yang Selene.

    ReplyDelete
  8. Eh? Emang ada ya bukunya AG yang kayak gini? Biasanya kan misteri gitu. Ada memang yang ngambil latar belakang Mesir.

    ReplyDelete
  9. Krang panjang critanya.
    Udah baca 2 bku yg sejenis dri mis m0ran.tnggal nefertarinya yg gk punya.

    ReplyDelete
  10. tidak mahal kok, hanya sekitar 50 - 70 ribu saja :) tapi saya belum punya yang seri nefertari karena stock nya abis :(

    ReplyDelete
  11. Bukankah pada awalnya Nefertary sangat mencintai Musa daripada Ramses II, sehingga beberapa kali Musa diselamatkan dari kekéjaman Ramses II dengan bantuan Nefertary sebagai sisa cintanya kepada Musa, dan ia mau ditikah Ramses karena Musa telah menikahi seorang wanita Yahudi sehingga dengan itu ia mengambil dengan terpaksa Ramses II sebagai suaminya. Akhirnya Nefertary pula yang menyuruh Ramses II untuk mengejar Musa dan kaumnya untuk dibunuh sebagai bentuk kekecewaan dia tidak mendapatkan cinta Musa dan kematian anaknya tercinta akibat sakit parah..sejarah mana nih yang benar, mohon dikuruskan, tq.

    ReplyDelete
  12. Kalau yang ini historical fiction. Terkadang memang ada beberapa hal yang berbeda, tergantung pemahaman dari penulisnya.

    ReplyDelete
  13. ada nih link nya http://miamembaca.wordpress.com/2012/02/29/review-ledakan-dendam-agatha-christie/
    saya sendiri suka cerita AG yang lepas, bukan seri MM atau HP
    apalagi kalo setting nya Mesir.

    ReplyDelete
  14. #, udah baca novel yg selene pengen baca novel yg nefertiti n nefertari

    ReplyDelete
  15. Maaf.. Penulis islam kah? Kalo iya, saya pgn tau siapakah firaun yg di kisahkan di dalam alquran sebagai musuh nabi musa?

    ReplyDelete
  16. Kpan dtang y novel nefertiti sang ratu keabadian pingin baca,

    ReplyDelete
  17. Nefertari was not only beautiful, she was also the hidden machine inside the Ramses II's soul. Bravo Nefertari, I adore you so much for your everything!

    ReplyDelete
  18. Mungkin ini sebabnya nama saya adalah nefertari,, smoga saya bisa mengikuti jejaknya nefertari ( yang baik2nya )

    ReplyDelete
  19. nice, aq dah baca nefertiti n selene, yg nefertari blm....pengen...:)

    ReplyDelete
  20. Yuk dibaca... saya sampai niat ke perpustakaan daerah demi membaca buku ini

    ReplyDelete