~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#63 Sunshine Becomes You


Judul Buku : Sunshine Becomes You
Penulis : Ilana Tan
Halaman : 432
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama


“Walaupun tidak ada hal lain di dunia ini yang bisa kaupercayai, percayalah bahwa aku mencintaimu. Sepenuh hatiku.”

Sudah lama sejak terkahir membaca serial 4 Musim-nya Ilana Tan, saya menantikan tulisan Ilana selanjutnya. Ketika di dunia maya mulai terdengar kabar akan hadirnya buku kelima ini, saya memastikan diri harus membacanya. Untungnya, kakak saya juga menyukai Ilana Tan dan memutuskan membeli buku yang dilengkapi tanda tangan penulisnya ini. Jadinya saya bisa membacanya, bahkan sebelum kakak saya memulai membacanya. Buku ini habis dalam waktu semalam, bukan karena saya harus "ngebut" membaca, tapi karena saya tidak bisa melepaskan buku ini sampai di halaman terakhir. Ketika saya merasa "agak letih" setelah membaca beberapa buku misteri-thriller yang menegangkan sebelumnya, membaca buku ini seperti penawar yang pas untuk saya.

Tidak ada yang berubah dari alur cerita yang diangkat oleh Ilana Tan, masih sejalan dengan novel-novel sebelumnya. Gaya berceritanya pun sama, mengalir dengan halus. Kalaupun ada kejutan yang disiapkan di halaman-halaman akhir tentunya bisa ditebak kemana arahnya.

Alex Hirano mungkin sangat sial ketika dia bertemu dengan Mia Clark untuk pertama kalinya. Bagaimana tidak? Pertemuan mereka membuat Alex harus membatalkan serangkaian konsernya gara-gara Mia terjatuh menimpa dirinya dan membuat tangan kirinya terkilir parah. Mia yang merasa sangat bersalah dan ingin bertanggung jawab atas kesalahannya menebus perbuatannya dengan jalan menawarkan dirinya membantu Alex sehari-hari. Apalagi ketika Mia tahu Ales adalah seorang pianis terkenal. Apalah gunanya seorang pianis tanpa tangan yang bisa berfungsi?

Alex awalnya tidak mau menerima tawaran Mia begitu saja. Alex tidak ingin bertambah sial. Tapi dia tahu bahwa dia tidak bisa berbuat banyak hanya dengan satu tangan, akhirnya merelakan Mia memasuki hidupnya. Hal yang di kemudian hari tidak akan disesali oleh Alex. Selain kopi buatan Mia yang sangat enak itu, Alex "dimanjakan" oleh kemampuan Mia memasakkan makanan untuknya.

Tanpa disadari oleh Alex, kebutuhan akan kehadiaran Mia di setiap harinya semakin membesar. Kebutuhan itu kemudian berubah menjadi rasa cinta. Sayangnya bukan hanya Alex seorang yang menyukai Mia. Ray Hirano, adik kandungnya yang lebih dahulu mengenal Mia, juga menyukainya. Sayangnya Mia memperlakukan semua pria di dekatnya sama.

Bagaimana jika kau mencintai seseorang tapi mengetahui dengan pasti bahwa tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk bisa bertahan hidup bersamanya? Itulah yang dirasakan Mia. Sebuah rahasia besar yang disimpannya, membuat dia selalu mengabaikan perasaannya sendiri.

Bagiku sebuah perasaan tidaklah nyata kalau aku menolak merasakannya. Perasaan itu tidaklah nyata kalau aku menolak mengakuinya.
 Sedemikian kuatnya Mia menolak perasaan yang tumbuh di hatinya, dia tetap tahu bahwa dia juga jatuh hati pada Alex. Apalagi ketika Alex juga mengetahui rahasia terbesarnya, apa lagi yang perlu disembunyikan dari Alex?

Seperti yang saya tuliskan sebelumnya bahwa buku ini begitu "mengikat" saya di setiap lembaran halamannya sampai akhir. Saya suka dengan pesan-pesan singkat via SMS antara Alex dan Mia. Saya suka bagaimana Alex memanggil Mia dengan nama belakangnya, Clark. Saya suka ketika Alex terinspirasi membuat sebuah lagu berjudul "Sunshine Becomes You" (yang judul awalnya adalah "Thinking of Clark"). Dan juga tiga lembar voucher biru "minta-apa-saja-dan-akan-kukabulkan" yang diberikan Mia untuk Alex sebagai hadiah Natal. So sweet :)



23 comments on "#63 Sunshine Becomes You"
  1. 4 Musim lebih rame ya? Lagi pengen nyoba baca bukunya Ilana Tan..

    ReplyDelete
  2. sebenarnya sama aja sih... settingan luar negeri, kisah cinta, dsb...

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka ilana tan mbak, dan sebel banget lagi2 dibikin sad ending di buku ini :(
    Trus yang aku suka juga, ilana itu gak pernah pakai umpatan atau bahasa gaul gw elo gitu, tapi tulisannya ga kaku.

    ReplyDelete
  4. pengen baca buku ini, cuma karena udh baca 4 musim kayaknya ga begitu masuk sama gennre novelnya Ilana Tan, tapi penasaran aja kenapa buku ini masuk bestseller...

    ReplyDelete
  5. Aku udah pernah baca seri Ilana Tan yang empat musim. Dan ceritanya standar banget. Jadi, aku belum tertarik ama buku Ilana Tan lainnya... :))

    ReplyDelete
  6. Sebenernya sih, udah lama pengen baca buku ini, semenjak terpesona sama 4 musimnya :p
    Duuhh, jadi nambah pengen baca deh ni xD

    ReplyDelete
  7. Aku suka karya-karya Ilana Tan, romantis-romantis ceritanya. Yang 4 musim aku udah baca semua. Cuma sayangnya Sunshine Becomes You belum aku baca. Tapi kalau lihat reviewnya sih pasti sama-sama romantis :D

    ReplyDelete
  8. keren ya bukunyaaa :D reviewnya jg keren :D

    ReplyDelete
  9. Sudah baca bukunya Ilana Tan dan menjadi penasaran dengan karya-karya barunya yang lain. Buku-buku karya Ilana Tan memiliki ciri khas tersendiri, suka deh.. :D

    ReplyDelete
  10. Illana Tan, aku kenal dia sih dari tetralogi 4 musim yang dia tulis. Pernah baca salah satunya, yaitu Autumn in Paris, ceritanya emang bener2 menyayat hati, sense ga biasa pun tersaji dalam buku ini. Aku suka bgt sama ciri khas dia menulis. A different sense yang gabisa ditemui dari penulis lain! Good job pokoknya!

    ReplyDelete
  11. aku sukaaa bnget sm karangannya Ilana Tan.. dibungkus dengan musim2.. dan ceritanya juga ga ketebak (buatku hehehe).. jadi pengen baca tulisan2nya yg lain..

    ReplyDelete
  12. sedang baca buku ini, semoga saya juga berkesan dgn buku ini :)

    ReplyDelete
  13. Hai Kak, salam kenal =)
    Aku udah baca buku ini, dan buatku pribadi sih, kurang begitu berkesan Kak. Endingnya terlalu tiba tiba dan gagal bikin aku nangis sesenggukan. Alexnya juga kurang berkesan gimana gitu buat aku.

    ReplyDelete
  14. Aku udah baca yang 4 seasons sih, tapi nggak terlalu suka. makanya pas ada buku ini aku nggak tertarik hahaha :D
    atau mungkin buku ini memiliki kelebihan dibandingkan 4 seasons?

    ReplyDelete
  15. aku sudah baca novel ini, dan Ilana Tan memang penulis yang berbakat dalam meramu kata-kata dan cerita menjadi drama yang mengharu biru. Sunshine Becomes you sangat berkesan dengan bagaimana Alex dan Mia terjalin dalam hubungan.. suka sekali pada bagian lagu yang dimainkan Alex meskipun favoritku masih Autumn In Paris dari 4 seasons nya Ilana Tan

    ReplyDelete
  16. walau sebenarnya gaya penulisan Ilana Tan mudah ditebak, entah mengapa tetap suka <3
    Tapi lebih suka yang Autumn in Paris sih. Settingnya lebih OK menurutku. Kalau ini, bagaimana Mia-Alex sudah tertebak endingnya di awal :p

    ReplyDelete
  17. Sunshine Become You, saya sebenarnya tidak terlalu suka genre romance tapi entah kenapa setiap membaca reviewmu jadi pengen membacanya.
    Reviewnya keren :D

    ReplyDelete
  18. cara bercerita Ilana memang gampang dicerna jadibisa baca sambil santai :)

    ReplyDelete
  19. terima kasih... buku ini memang bagus, walau masih belum keluar dr pakemnya Ilana Tan

    ReplyDelete
  20. aku suka gaya bahasa nya ilana dalam nyampain idenya .. Novelnya juga bagus semua

    ReplyDelete
  21. dimana aku bisa download novel judul ini ya?

    ReplyDelete
  22. belum ada link utk download ebook nya ya?

    ReplyDelete
  23. ada link buat baca online buku ini? diliat reviewnya kayaknya keren =w= wkwk

    ReplyDelete