~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#139 Little House In The Big Woods


Judul Buku : Little House In The Big Woods
Penulis : Laura Ingalls Wilder
Halaman : 237 
Penerbit : Scholastic Book

Kalau ditanya acara TV apa yang paling saya ingat waktu kecil, saya akan menjawab Little House In The Prairie. Film klasik yang bercerita tentang keluarga Amerika yang hidup di tengah padang rumput. Saya paling ingat sama Laura yang sok tahu, sok pemberani, badung, tapi lucu. Trus saya juga suka sekali dengan rumah kayu (log cabin) mereka dengan kamar Laura dan Mary di atas loteng yang terlihat sangat nyaman.

Laura Ingalls.Kelihatan badungnya kan?

Kali ini saya membaca cerita mengenai kehidupan Laura dan keluarganya sebelum pindah ke padang rumput. Mereka tinggal di hutan, di antara pohon-pohon besar. Setiap hari yang mereka dengarkan hanya suara hewan-hewan dalam hutan. Bahkan kadang tiba-tiba muncul beruang besar di depan rumahnya. Seru ya...

Setiap hari Pa (ayahnya Laura) pergi mencari makanan untuk keluarganya, dengan berburu di hutan. Biasanya Pa pulang membawa babi, rusa, atau kalau lagi beruntung membawa beruang. Waw!! Bagaimana ya rasanya daging beruang. Menurut Laura, daging beruang itu enak. Mary, kakaknya, bahkan pengennya "bear drumstick:D Dia ga tahu kalau beruang itu besaaar. Kalau Pa pulang membawa daging yang banyak, Ma akan mengawetkan sebagian daging itu untuk persiapan musim dingin.

Ketika musim dingin datang, salju akan menutupi pekarangan rumah mereka, sehingga Laura dan Mary tidak bisa kemana-mana. Untuk mandi di akhir pekan saja, Pa dan Ma harus mencairkan salju. Soal mandi ini, saya merasa agak lucu... karena mereka mandinya hanya di hari Sabtu sore, sebelum tidur. Sehingga besok Minggunya mereka sudah bersih dan siap menghadapi hari Sabat. Nah di hari Minggu, mereka harus diam di rumah, tidak boleh ribut, dan duduk mendengarkan Pa atau Ma membacakan cerita dari Alkitab. Laura protes, karena dia harus duduk diam seharian. Pa lalu meceritakan tentang Grandpa yang juga mengalami hari Sabat yang sepi di sepanjang Sabtu hingga Minggu. Pa menjelaskan bahwa apa yang mereka alami saat ini jauh lebih ringan dibandingkan yang dirasakan Grandpa dulu.

Keluarga Laura memang sederhana, tapi kesederhanaan mereka mengajarkan banyak hal. Sejak kecil Laura dan Mary diajarkan membantu Ma di dapur, berbagi mainan dengan sepupunya, mengunjungi Grandpa yang panen sirup maple, dan masih banyak lagi. Kisah Laura ini adalah kisah abadi sepanjang masa. Cocok dibaca oleh semua umur dan tidak akan pernah membosankan. Membuka Fun Year Event with Children Literature dengan kisahnya Laura memang tidak salah. Saya jadi penasaran dengan pertualangan Laura selanjutnya.

fye-button

Ada banyak serial cerita Laura dan keluarganya.  Ada 4 generasi lho mulai dari Martha, nenek buyutnya, sampai ke Rose, anaknya. Silahkan mengunjugi blog-nya mbak Maria (Hobby Buku) untuk mengenal Laura Ingalls lebih jauh.



4 comments on "#139 Little House In The Big Woods"
  1. Aku suka banget seri iniiii :'D
    Seru dan nggak ngebosenin. Kalau habis selesai baca satu buku dr cerita Laura jadinya pengen ngerasain sendiri gimana tinggal di prairie & nyicipin makanan-makanan enaknya Ma <3

    ReplyDelete
  2. bisa ya tinggal di tengah hutan gitu sekeluarga aja, zaman sekarang masih ada ga ya :)

    ReplyDelete
  3. mungkin udah ga terisolir hidup di hutan yambak.. tapi suku Amish di Amerika masih hidup sederhana dan religius seperti keluarganya Laura ini

    ReplyDelete
  4. membaca seri Laura seakan ikut bertualang.... hehe...

    ReplyDelete