~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#243 What Happened To Goodbye


Judul Buku : What Happened To Goodbye
Penulis : Sarah Dessen
Halaman : 480
Penerbit : Elex Media Komputerindo

Perceraian orang tua selalu membawa dampak yang tidak menyenangkan untuk anak. Tidak terkecuali bagi Mclean Elizabeth Sweet. Semenjak ibunya berselingkuh, bercerai dan menikah lagi dengan pelatih basket kenamaan, Mclean memilih untuk ikut bersama ayahnya. Meskipun itu artinya berpindah-pindah kota setiap beberapa bulan, dan tentu saja hubungan dengan ibunya menjadi tidak baik. Tetapi setiap orang punya pilihan, dan inilah pilihan Mclean.

Mclean memiliki cara tersendiri untuk mengatasi seringnya mereka berpindah-pindah. Di Montford Falls dia menyebut dirinya Eliza. Di Petree, dia dikenal sebagai Lizbet. Di Wescott, teman-temannya memanggil dia Beth. Semua dengan kepribadian yang berbeda. Dan kali ini di Lakeview dia berencana menggunakan identitas Liz. Tetapi entah kenapa setiap kali ada kesempatan memperkenalkan dirinya, justru nama Mclean yang terdengar. Padahal dia ingin sekali menutup jati diri Mclean. Nama itu hanya mengingatkannya kepada masa lalunya yang suram. Hanya saja, Mclean mendapati bahwa ada yang berbeda di kota ini. Baik itu tetangganya, teman-temannya, restoran tempat ayahnya bekerja, dan sekolahnya. Rasanya menjadi Mclean bukanlah suatu masalah. Yang menjadi masalah adalah ibunya yang terus menerus berusaha mendekatkan diri kepadanya, dan itu membuat Mclean merasa terganggu.

Sarah Dessen kembali mengangkat kisah tentang seorang remaja perempuan yang sedang bermasalah dan berusaha mencari jati dirinya dengan membentuk beberapa alter ego yang berbeda. Bagi Mclean, hal itu memudahkannya untuk menjadi orang yang baru dan berinteraksi dengan lingkungan barunya. Dan ketika dia harus meninggalkan kota sekali lagi, dia hanya perlu meninggalkan jati dirinya di kota itu.

Konflik keluarga antara Mclean dan ibunya juga menjadi topik yang kuat dalam novel ini. Di satu sisi, Mclean merindukan kehadiran ibunya, tetapi dia juga ingin menghukum ibunya atas perbuatannya di masa lampau.  Saya bisa memahami apa yang dirasakan oleh Mclean dan sedikit kesal dengan ibunya yang sering memaksa. Tetapi perasaan seorang ibu kepada anaknya tidak bisa disepelekan begitu saja.

Meski saya menyukai ide cerita yang diangkat dalam novel ini, tetapi saya merasa ceritanya agak datar. Keberadaan tokoh lainnya seperti tertutupi dengan konflik pribadi Mclean. Hubungan Mclean dan Dave (tokoh utama pria) seperti diceritakan sepintas lalu. Penyelesaian konflliknya juga terkesan dipaksakan. Syukurlah terjemahannya lumayan bagus,meski ada banyak sekali typo di sana-sini.

3 stars
3 comments on "#243 What Happened To Goodbye"
  1. aku udah sering baca review novel2 Sarah Dessen tapi belum muncul niat untuk baca...
    btw, blogtheme ganti ya, cantik banget. bikin sendiri desty?

    ReplyDelete
  2. Cuman bikin header ama backgroundnya aja.. theme-nya sih punya WP

    ReplyDelete
  3. iya, disayangkan banget hubungan Mclean sama Dave cuman pemanis, fokus utamanya lebih ke masalah keluarga Mclean, tapi tetep suka :p

    ReplyDelete