~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#277 Tokyo: Falling ~ Secret Santa BBI 2013


Judul Buku : Tokyo: Falling
Penulis : Sefryana Khairil
Halaman : 338
Penerbit : Gagas Media

Perjalanan terakhir saya bersama STPC adalah di Bangkok. Kali ini saya mendapatkan "tiket" ke Tokyo dari Secret Santa. Terima kasih Santa... tahu aja Santa kalau saya pengen ke Tokyo. Di Tokyo ada Sefryana Khairil yang mendampingi dan berbagi kisah cinta tentang sepasang wartawan yang sedang bertugas di Tokyo.


Thalia mendapatkan tugas dari kantor tempatnya bekerja untuk membuat liputan beberapa acara fashion di Tokyo. Sebenarnya dia tidak semangat ke Tokyo, tapi begitu mendengar mantan kekasihnya Dean juga sedang ada tugas di Tokyo, perasaan itu jadi berubah. Thalia masih menyimpan harapan bisa kembali bersama dengan Dean. Dean adalah sosok lelaki sempurna untuk masa depannya. Sementara itu, Tora yang adalah wartawan di majalah traveling juga sedang ditugaskan di Tokyo. Tora sendiri punya misi pribadi. Dia ingin bertemu dengan Hana, mantan kekasihnya yang memutuskan hubungan LDR mereka secara sepihak.

Pertemuan antara Thalia dan Tora terjadi di sebuah pusat keramaian. Tanpa sengaja Tora menabrak Thalia, sehingga lensa kamera yang sedang dipegang Thalia terjatuh dan retak. Thalia menuntut ganti rugi pada Tora, namun tidak mau kehilangan momen untuk liputannya. Tora menawarkan kepada Thalia untuk memakai lensa miliknya secara bergantian. Akhirnya mereka sepakat mengatur ulang jadwal liputan mereka. Perjalanan di Tokyo pun dilewati bersama. Lantas bagaimana dengan misi pribadi mereka?

Ternyata Hana memutuskan hubungan dengan Tora karena menganggap Tora tidak bisa berkomitmen. Hana lelah diminta menunggu Tora yang selalu berkelana. Ketika dia menemukan seseorang yang membuatnya nyaman, Hana memilih untuk menikah dengan orang tersebut. Tora sakit hati dengan keputusan Hana, tapi juga menyadari kesalahan yang dibuatnya. Di sisi lain, Thalia yang sangat ingin bertemu dan ditemani oleh Dean di Tokyo ternyata tidak kesampaian. Dean sangat sibuk dengan bisnisnya, sehingga tidak ada waktu untuk Thalia. Tapi Dean memberikan perhatian lain berupa barang-barang mewah yang dikirimkan untuknya. "Dean itu sibuk banget, kan? Aneh aja dia masih punya waktu untuk belanja." Kalimat yang dilontarkan Tora kepada Thalia membuat Thalia terhenyak dan memikirkan kembali hubungannya dengan Dean.

Dua orang yang dikecewakan oleh cinta, bertemu dan bersama-sama selama sepuluh hari. Pepatah Jawa yang mengatakan bahwa cinta datang karena sering bertemu ternyata terjadi juga di Tokyo. Apakah itu terjadi karena kebetulan atau takdir? Yang pasti rasa nyaman yang mereka berdua cari akhirnya mereka temukan pada orang yang berbeda.

“Takdir bukan berdiam diri saja, ia tengah menunggu kita memainkan ceritanya” 

Mengikuti cerita di Tokyo bukan hanya mendapatkan romansa, tapi juga belajar kebudayaan dan tempat-tempat menarik di Jepang. Ada beberapa kosakata juga yang bisa dipelajari lewat buku ini. Saya menyukai ide penulis yang menggunakan profesi wartawan untuk menceritakan tentang Tokyo. Selain itu, ada banyak sekali quote yang bisa dijumpai dalam buku ini (khas-nya mbak Sefryana kayaknya) :)

4 stars


Ah... kembali kepada Santa 4339 yang mengirimkan "tiket" istimewa ini.  Hoho... Waktunya untuk memecahkan misteri siapa Santa yang mengirimkan buku Tokyo kepada saya.


Jauh sebelum waktunya mengirimkan hadiah, saya pernah ngelempar #kode ke grup WA Joglosemar, kalo saya pengen buku Tokyo (STPC). Iseng aja sih... siapa tahu Santa-nya ada di situ. Eh... ndak tahunya saya beneran dapat buku itu. Entah kebetulan atau tidak, yang pasti saya berpikir Santa-ku adalah anak Joglosemar.

Dari alamatnya Madyarejo. Pas di-googling di internet, lokasinya itu di Jawa Tengah. Ada 2 tempat sih... Sragen atau Sukoharjo. Tapi bisa jadi ini jebakan Batman. Apalagi no telpon itu...ga boleh dipercaya :D So...saya skip saja clue ini.



Lanjut ke riddle-nya saja. Biar menyegarkan ingatan, saya pasang lagi foto riddle itu.  Jujur saja, saya kesulitan memecahkan riddle  ini. Beberapa teman yang melihat riddle ini juga mengaku kalau teka-tekinya cukup sulit. Kecuali Oky yang bilang "saya tahu siapa Santa-mu, mbak..". Ya iyalah... yang ngundi kan Oky. Kalau kata Dion dan Mas Tezar, "jangan-jangan Mbak Dani...ada typonya tuh" (merujuk pada kata yam). :D Oalah... masak iya nulis tangan juga pakai typo ya...

Sampai suatu malam, tepat tengah malam, saya dibangunkan oleh WA dari The Master of Riddle, A.S. Dewi. Entah dia ga bisa tidur atau memang dia dapat inspirasi itu tengah malam, dia membantu saya mengungkap misteri Santa saya ini. So... all credit goes to her.

Kalimat pertama, pembagi yang terjalin rapi dengan titik yang mengakhiri lini. Menurut Dewi, itu maksudnya per dan i. Hanya ada satu anggota BBI bernama Perdani :)

Kalimat kedua, negeri dongeng penuh kicauan itu maksudnya twitter.  Kata yam (yang ternyata bukan typo) itu dalam bahasa Korea artinya sama dengan Sweet Potato atau Goguma. Nah di header dan avatar twitternya mbak Dani ada gambar Sweet Potato Couple. Dan tebak lagu mereka... Judulnya For First Time Lover. Kebetulan pasangan ini gambar-gambarnya di google banyak bernuansa merah muda dan biru.

Cukup ya... dua clue  mengarah ke mbak Dani. Tapi masih ada kalimat ketiga dan angka 4339.

Kalimat ketiga, iblis mengejarmu. Saya teringat tahun lalu, saat mbak Dani adalah target saya dalam even Secret Santa, saya mengirimkan riddle dengan kata "dark prince" yang mengarah kepada Voldemort. Voldemort itu iblis kan ya? #maksa.

Trus angka 4339. Lagi-lagi Dewi yang memecahkan misteri angka ini. Konon angka ini diambil dari akun Youtube milik SweetPotato4339. Kalau ga salah artinya, 4 itu jumlah personil CNBlue. Trus 33 itu maksudnya love forever, dan 9 itu jumlah personil SNSD. Di bio twitter-nya mbak Dani ada kode CNSD. Itu kali ya maksudnya...

Jadi.... sudah jelas Santa saya yang baik hati adalah...

Perdani Budiarti

Mbak Dani, terima kasih... riddle-mu sangat jenius. Entah kenapa, nasib selalu mempertemukan kita :D #halah. Tahun lalu, saya yang jadi santa-nya Mbak Dani.  Tapi tolong diklarifikasi ya kalau jawaban saya ada yang salah...

37 comments on "#277 Tokyo: Falling ~ Secret Santa BBI 2013"
  1. ha3, beneran ya kak dani? semoga bener deh :)

    ReplyDelete
  2. ternyata santanya bukan aku ya mbak.. *amnesia...
    hayo lho mbak dani.. is that correct? xixiixiix

    ReplyDelete
  3. Huaahhhh Mbak Dewi keren banget bisa mecahin!
    Kak Dani juga keren bikin riddle-nya. Sayang ..dituduh karena typo xD
    ---

    Tokyo sepertinya bagus ya, aku ragu-ragu sih mau baca atau beli atau pinjem, enggak yakin sesuai harapan aku.
    Tapi karena udah banyak yang review bagus, jadi makin mempertimbangkan untuk masukin ke wishlist ^^

    ReplyDelete
  4. Aku clueless banget soal riddle ini. Lagi-lagi, Mbak Dewi kereenn... Hihi, Mbak Desti dan Mbak Dani tak terpisahkan :))

    ReplyDelete
  5. Itu masih dipakai saja ya adegan tabrakan trus kenalan dan jatuh cinta haduh wkwkwk
    Ternyata Yam bukan salah ketik ya ...maafkan kami telah berprasangka buruk LOL. Mbak desty lo nebaknya pake detil bgt

    ReplyDelete
  6. Itu udah ketebak aslinya dari typo aja ya Mbak :)))
    BTW, nama tokohnya ada yang Dean? Orang Indo hebat2 sekali sekarang namanya pada kayak bule .___.

    ReplyDelete
  7. Hahahaha itu ridddlenya beneraaan susaaaaah >,<
    Tepuk tangan buaat mba Dewi *keprok keprok* dan mba desti juga sih hahahaha

    ReplyDelete
  8. wah yang disangka typo malah bukan typo sama sekali ya... dan dewiiii keren banget sihhhh, taun depan disewa aja sebagai detektif riddle deh hahahaha

    ReplyDelete
  9. Taon depan serius deh mbak Dewi harus dilarang ikutan nebak-nebak riddle orang. Dari taun kemaren banyak bener yang bisa nebak gara-gara mbak Dewi. Aku, sebagai pembuat riddle kacrut, merasa terancam!!!!!! *apa seh Naaa???*

    Yaah kalo udah CNBlue-an ya udah lah mbak Dani. Ahahahaha

    ReplyDelete
  10. Hahaha.....Tungguin analisis Dani ah.
    Btw tadinya aku juga mikir yam itu typo. Setelah ngeh kalo bukan typo baru bisa ngerti makna riddlenya

    ReplyDelete
  11. Setuju sama Astrid, mari kita angkat Dewi sebagai detektif riddle ^^
    Dari awal aku udah tahu yam itu semacam kentang, cuma gak nyadar kalo ada avatar anak BBI yg bergambar sweet potato. Gak pernah merhatiin detail avatar orang sih :P Tahun depan kudu teliti memandangi avatar & blog peserta SS ya kayaknya? >_<

    ReplyDelete
  12. Tuh kan mba dewi master riddle lagi...wkwkwkwkwkk...mungkin tahun ini aku bakal butuh bantuan si master riddle nih. Gila juga yaa orang-orang yang bikin riddle dengan berasumsi si X-nya bakal seteliti itu memandangi avatar member bbi satu-satu hahahaha

    ReplyDelete
  13. wah.. Mbak dDani fansnya Goguma couple?.. *salah fokus :)

    ReplyDelete
  14. Riddle-nya susah, bisa-bisanya mikir sampai muter-muter begitu :D
    salut sama detektif riddle mbak dewi :D

    ReplyDelete
  15. clue pertamanya itu lhoo yang keren bangeet. Koq bisa ya bikin kiasan puitis gitu buat namanya? dan lebih keren lagi yg bisa nebak :D

    ReplyDelete
  16. apakah tahun depan Santa mesti waspada dengan mba dewi? hihi
    keren ih b^^d

    ReplyDelete
  17. Luar biasa. Kalo cuma lihat dari cluenya doang, sih aku juga ga ngedong sama sekali riddlenya. Hebat deh mba AS.Dewi bakat bener jadi detektif.

    ReplyDelete
  18. Aku juga suka dan menikmati buku ini. Semoga tebakannya benar ya

    ReplyDelete
  19. Wah, riddlenya luar biasa. Yang nebaknya juga keren amat. Mba Dewi kok bisa kepikiran ya? hehehe...

    ReplyDelete
  20. Yang nebak Dewi, yon... saya hanya merangkai ceritanya :)

    ReplyDelete
  21. Harusnya ketebak dari typo-nya... Tapi ya itu, masak nulis tangan juga typo :D

    ReplyDelete
  22. Boleh mbak... Ntar urusan sewa menyewa bisa dengan saya. Nanti saya atur jadwalnya Dewi *berasa manajer-nya Dewi* :D

    ReplyDelete
  23. He?? Trus waktu kopdar kamu bilang tahu siapa santa-ku itu bukan karena riddle-nya ya?

    ReplyDelete
  24. bu dokter itu emang keren, ya. terus ini, santamu... ya ampun... bikin iri! :D

    ReplyDelete
  25. Takjub aku baca cara nebak riddlenya itu. Canggih bener :O
    Jadi tahun lalu Mbak Desty santanya Mbak Dani, dan tahun ini sebaliknya? Kok so sweeeeet hahaha
    Btw aku juga suka ntn WGM yg Goguma Couple, aaaa <3

    ReplyDelete
  26. ya ampun, aku yg tetangganya aja ga nyadar XD, riddle dan pemecah riddlenya keren euy *jempol*

    ReplyDelete
  27. Oiya, kalo ga salah ini yg aku bilang tulisan tangannya familier ya?

    ReplyDelete
  28. wahhh, hebat banget Mbak Desty bisa nebak hingga mikir sejauh itu. Aku anggkat tangan yang arti angka itu, hehehe, aku juga suka CNBlue

    ReplyDelete
  29. Jyakakakaka *ngakak terus nggeblagh*

    silakan dibuka yaaa :D http://wp.me/p26pjN-17w

    ReplyDelete
  30. nama mba Dewi ada di hampir semua postingan. >.<

    buku ini masih masuk wishlist walaupun pengen tingkat kronis.

    ReplyDelete
  31. Heibaatttt, Dani, Dewi and Desty (lhah, ternyata ada 3D ya hahaha). Kalo suruh milih riddle, aku pilih punya Dani ah...

    ReplyDelete
  32. Kok bs dapet per dan i si? Aku masih belum mudeng ._.

    Mbak dew cuma jadi joykiller di tempatku ternyata *urek2tanah*

    ReplyDelete
  33. bukan laah.. aku ga sejago para detektif BBI hihi. AKu tahunya karena aku yg ngocok huehehe

    ReplyDelete
  34. ternyata ada beberapa anak jabo yang saling jadi santa, ngakak pas bacanulis tangan aja typo =))

    ReplyDelete