~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#346 Komik Corat-Coret -- Made In Indonesia


Judul Buku : Komik Corat-Coret -- Made In Indonesia
Penulis : Wahyu Aditya dkk
Halaman : 216
Penerbit : Bentang Komik

Indonesia know it love it.

Ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Para Gembolers (partisipan KDRI - Kementrian Desain Republik Indonesia) memilih lewat coret-coretan berupa komik untuk mengutarakan perasaan cinta itu. 

Ada 6 bab (kalau boleh disebut seperti itu bagian-bagian dalam buku ini) yang semuanya bercerita tentang Indonesia. Keenam bab itu adalah : 100% Indonesia, Tanah Air Saat Ini, I Love Indonesia, Indonesia (Belum) Merdeka, Semangat Persatuan, dan Save Indonesia Save Earth. Tiga puluh tujuh orang Gembolers membuat sketsa komiknya di dalam bab-bab tersebut.

Lewat panel-panel gambar Gembolers bercerita tentang kondisi Indonesia. Tidak sedikit yang memberikan sindiran, tapi ada juga yang memberi sanjungan tentang Indonesia. Tidak ketinggalan fenomena-fenomena sosial seperti Kurikulum 2013, budaya konsumtif, sogok-menyogok, dan aktivis sosmed juga diangkat lewat komik.

Komik dalam buku ini dikemas dalam bentuk scratch book. Jadi jangan heran kalau gambar-gambarnya dari halaman pertama hingga terakhir sangat bervariasi. Namanya juga proyek borongan, ya gambarnya juga macam-macam. Kalau menurut saya pribadi yang dibesarkan dengan komik ala Candy-candy dan Conan, ada banyak gambar yang tidak memanjakan mata. Saya kadang sampai bingung dengan karikaturnya. Tulisannya juga tidak seragam, jadi ada yang gampang dibaca, ada juga yang tidak. Ada yang panelnya mirip dengan panel ala Kobo Chan (satu judul hanya berisi empat panel), ada yang sehalaman isinya hanya 3 panel. Pokoknya variatif bangetlah.

Namanya juga komik ya, pastilah bisa habis dibaca dalam sekali duduk. Buku ini sangat menghibur sekaligus mendidik. Lumayanlah buat selingan setelah membaca buku-buku bantal. :)

2 stars
1 comment on "#346 Komik Corat-Coret -- Made In Indonesia"
  1. terima kasih sudah membaca, saya salah satu gembolers yg karyanya ada disitu juga [OmahIde], hehe..

    ReplyDelete