~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#19 Kening


Judul Buku : Kening
Penulis : Rakhmawati Fitri
Halaman : 194
Penerbit : Terrant

Lagi-lagi dapat info buku ini dari twitternya si penulis, Fitri Tropica a.k.a Fitrop. Fitrop yang dikenal sebagai komedian, host di beberapa acara televisi, ternyata juga menjadi seorang penulis. Buku pertamanya diberi judul Kening. Menurut yang saya tangkap sewaktu membaca Catatan Kening (semacam prakata di awal buku), kening merupakan salah satu ciri has Fitrop yang paling mudah dilihat. Walaupun terkadang menjadi bahan sindiran, Fitrop mempersilahkan khalayak ramai untuk mengetahui apa yang ada di balik keningnya untuk kemudian dikenang.

Walaupun cerita "Hello Goodbye" mendominasi isi buku ini, saya paling suka dengan "Letters to You". Awalnya saya kira kisah itu masih seputaran Agra, ternyata kisah itu buat Mama Bapaknya Fitri.  Buku ini "ringan" (walaupun kening saya sempat berkerut membaca kalimat-kalimat panjang yang beranak pinak). Melihat sisi lain dari seorang Fitri Tropica membuat saya ikut tertawa, sedih, terharu, dan berdebar-debar bersama kisah-kisahnya.  Misalnya pada bab "Hello Goodbye", diceritakan bagaimana Fitrop yang berawal dari penyiar radio akhirnya menjadi seorang bintang televisi. Di bab yang sama juga menceritakan tentang kasih (nyaris) tak sampainya, bagaimana seorang Fitrop yang kelihatannya sangat lucu ternyata punya sisi feminim dan haru.

Ohya, ukuran buku yang lebih kecil dari buku novel pada umumnya (tapi ga sekecil novel-novel macam Sandra Brown atau Harlequin) cukup unik. Apalagi di dalamnya ada karikatur lucu-lucu yang ikut mendukung ceritanya.  Nggak tahu mau dikategorikan Fiksi atau Non-Fiksi, karena isinya nyaris seperti kisah nyata tapi kalau dibaca berasa baca novel :)


Be First to Post Comment !
Post a Comment