~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#619 Hi, Bye!

 



Awalnya saya membaca novel Satu Kelas karya Citra Novy, dan saya suka ceritanya. Akhirnya saya mencari beberapa karya beliau di Gramedia Digital, iPusnas dan Google Playbook. Trus nemu novel  Garis Tangan. Ternyata ada prekuelnya yang berjudul Satu Atap, dan sekuelnya yang berjudul Hi, Bye! Langsung deh dibaca ketiganya secara berurutan. Karena novel ini adalah buku #3 dari series Satu Atap, jadi reviewnya mengandung spoiler buku #1 dan buku #2. 

Pada buku #1 dikisahkan bahwa Aundy dan Argan menjadi tumbal dari pelarian Mahesa (kakaknya Argan) dan Audra (kakaknya Aundy). Mahesa dan Audra dijodohkan dan kemudian berlanjut ke pernikahan. Tapi, di hari pernikahan mereka keduanya kabur. Tidak ingin menanggung malu, kedua belah pihak orang tua sepakat untuk menikahkan Aundy dan Argan menggantikan kedua kakak mereka. Aundy tidak bisa menolak, karena kesehatan ayah Argan menjadi taruhannya. Akhirnya mereka sepakat pernikahan mereka harus dirahasiakan dan hanya sampai kesehatan ayah Argan membaik.

Sebenarnya Argan memiliki kekasih bernama Trisha. Namun karena prank ulang tahun yang dilakukan Trisha, Argan mengira mereka sudah putus. Itu juga yang membuat Argan menerika pernikahan dadakan mereka. Sementara Aundy juga punya kekasih bernama Ariq. Keduanya juga sepakat, tidak ada sentuhan di antara mereka dan harus saling jujur. Kenyataannya Argan seringkali ingkar janji dan tidak jujur pada Aundy. Hingga suatu hari, Argan mengetahui rahasia yang disimpan Trisha dan mereka berdua putus. Argan melampiaskan kekecewaannya pada minuman keras. Dia pulang dalam keadaan mabuk, dan meniduri Aundy yang dikiranya Trisha. 

Satu kesalahan yang membuat mereka harus terikat dalam pernikahan selamanya. Meskipun Aundy tidak hamil, ada perubahan dalam diri Argan. Aundy yang sejak awal mulai menyukai Argan, mulai terganggu dengan kehadiran Trisha yang ingin kembali pada Argan. Sementara Argan sendiri mulai sadar dirinya mencintai Aundy. Sayangnya, rasa cinta yang disertai bayang-bayang ketakutan membuat Aundy memilih untuk berpisah. Argan setuju, namun jika suatu saat dia tidak bisa melupakan Aundy, dia akan bertekad untuk kembali mengejar Aundy.

Empat tahun berpisah, akhirnya mereka bertemu kembali di pernikahan Mahesa dan Audra. Argan menepati ucapannya untuk kembali mengejar mantan istrinya. Tentu saja Argan mendapatkan restu dari kedua orang tua mereka. Tetapi Aundy masih ragu karena ada banyak wanita di sekitar Argan. Dengan perjuangan panjang, keduanya bersatu kembali.

Sayangnya, pernikahan kedua antara Aundy dan Argan menyisakan satu masalah. Tanpa sengaja, Aundy mengetahui bahwa Argan menemui seorang wanita sebelum pernikahan mereka. Aundy kecewa pada Argan dan dia berharap dirinya tidak pernah bertemu dengan Argan agar tidak jatuh cinta pada pria itu. Dan harapannya menjadi kenyataan. Aundy kembali ke masa SMA kelas X, saat dia belum bertemu dengan Argan. Di sisi lain, Argan juga merasakan lelah luar biasa dengan pernikahan dan bisnis kopi miliknya. Argan berharap dia bisa kembali di masa-masa kebebasannya, saat dia belum mengenal Aundy. Dan harapannya menjadi kenyataan.

Buku #3 ini menceritakan masa-masa Aundy dan Argan kembali ke masa lalu. Menariknya, meski sebagian besar apa yang mereka alami sama seperti sebelumnya, Aundy dan Argan malah bertemu lebih awal. Ada perasaan yang tumbuh dan alam bawah sadar mereka mengatakan bahwa keduanya saling memiliki. Mungkin ini salah satu konsep jodoh ya, akhirnya baik Aundy dan Argan kembali memperjuangkan kebersamaan mereka. 

Yang saya suka dari serial ini adalah bucinnya Argan ke Aundy. Lucu aja membaca betapa Argan mencintai Aundy, sementara Aundy lebih cuek meski dalam hati dia juga berharap pada Argan. Satu-satunya yang mengganggu saya adalah bahwa dalam keluarga mereka ada dua pernikahan, antara Aundy dan Argan serta Audra dan Mahesa. 

Novel ini menjadi penutup dari Tantangan Baca Goodreads 2020, untuk kategori "Buku terakhir dari sebuah seri". Tadinya saya sudah hopeless saja tidak menyelesaikan tantangan baca ini karena ketinggalan 3 bulan sejak bulan September. Ternyata di bulan Desember ada buku series yang saya baca. 

Hi, Bye!
Citra Novy
295 halaman
LovRinz Publishing
Juni, 2020
 

Be First to Post Comment !
Post a Comment