~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#638 Pasta Kacang Merah



Sentaro menjalani hari monoton di sebuah kedai dorayaki. Dia bekerja di kedai itu untuk membayar utangnya kepada si pemilik toko. Sampai kemudian dia berkenalan dengan Tokue, yang menghampiri kedainya untuk mencari pekerjaan. Tokue adalah wanita tua, dengan cacat pada jari tangannya. Karena kasihan, dan terutama penasaran dengan rasa enak dari pasta kacang merah buatan Tokue, Sentaro mempekerjakan Tokue untuk membuat pasta isian dorayaki. Lima puluh tahun pengalaman membuat pasta kacang merah memang tidak akan salah. Dorayaki buatan mereka laris.

Sayangnya, Tokue tidak bisa bekerja lebih lama. Sebagai penyintas lepra, jari-jari Tokue yang cacat menjadi kendala. Desas-desus menyebar dan membuat Nyonya pemilik toko pun meminta Sentaro memberhentikan Tokue. Namun sebelum diberhentikan, Tokue memilih mengundurkan diri. Akan tetapi berbeda dengan karir kerjanya, persahabatan antara Sentaro dan Tokue justru makin dekat.

Ada satu bagian dimana Sentaro merasakan hidupnya tidak bermakna. Namun ketika mendengarkan perjalanan hidup Tokue, Sentaro merasa dirinya tidak ada apa-apa dibandingkan Tokue. Kehadiran Tokue memberinya semangat untuk menjalani hidup, bahkan mencoba hal baru meski belum menunjukkan keberhasilan.

 I've just completed read 100 books in 2022 by reading this book. Saya memang sengaja memilih buku ini untuk menjadi pamungkas di Goodreads Reading Challenge 2022. Rasa hangat dan haru karena berhasil melakukan sesuatu yang awalnya saya rasa tidak akan bisa saya lakukan sejalan dengan perasaan Tokue di akhir cerita Pasta Kacang Merah. Bagian penutup dimana Tokue diceritakan mendengarkan pujian dari pepohonan yang dilaluinya itu membuat rasa hangat dan haru seperti yang saya sebutkan di atas. Tokue juga pastinya tidak menyangka dia bisa berhasil menjalani hidupnya sebagai penyintas lepra. Bahkan dia berhasil mengubah kehidupan seorang Sentaro.

Novel ini layak untuk dikoleksi, kehangatan kisahnya ditambah tampilan covernya dengan warna pink yang cantik memanjakan mata. 


Pasta Kacang Merah
Durian Sukegawa
240 halaman
Gramedia Pustaka Utama
Oktober 2022



1 comment on "#638 Pasta Kacang Merah"
  1. Waktu baru keluar langsung baca ini buku. Terjemahannya bagus. Ceritanya sederhana. Rapih. Penutupnya bagus, meskipun sedih.

    ReplyDelete