~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#645 The Girl Who Fell Beneath the Sea



Ketika Shim Cheong terpilih sebagai pengantin Dewa Laut, Mina berupaya menghalangi pengorbanan yang akan terjadi pada Cheong. Pasalnya, Cheong adalah wanita yang dicintai oleh kakaknya, Joon. Mina tahu Joon akan melakukan apapun untuknya, oleh karena itu kali ini Mina juga akan melakukan apapun untuk Joon. Mina memilih mengorbankan dirinya terjun ke laut menggantikan Cheong. 

Seorang wanita dipilih untuk menjadi pengantin Dewa Laut, yang bertujuan untuk meredam amarah Dewa Laut. Bertahun-tahun desa tempat tinggal Mina dilanda bencana. Masyarakat percaya, Dewa Laut sedang murka. Tidak terhitung lagi banyaknya wanita yang berkorban dan atau dikorbankan. Ketika Mina mengambil alih peran sebagai pengantin Dewa Laut, dia memiliki misi untuk membujuk Dewa Laut yang telah melupakan manusia yang memujanya. Mina menyadari dirinya tidak secantik para pengantin terdahulu, tetapi dia akan berjuang demi dirinya sendiri. 

Petualangan Mina di dasar laut, melewati dunia arwah, dan bertemu dengan para dewa dan makhluk mitos adalah cerita yang menarik untuk diikuti. Salah satu dewa yang ditemuinya adalah Shin, yang justru memutus Benang Merah Takdir antara Mina dan Dewa Laut. Hal itu semata-mata dilakukan Shin agar Dewa Laut tetap terlindungi. Shin percaya bahwa bencana yang dialami oleh masyarakat desa di daratan adalah akibat ulah mereka sendiri. Mereka yang merusak lingkungan, sehingga dewa-dewa pelindung alam berpaling karena tidak ada lagi yang bisa dilindungi. Yang tidak diduga selanjutnya adalah ketika Benang Merah Takdir justru menghubungkan Mina dengan Shin.

Dari segi fantasy, cerita ini memang menarik. Meski romansa antara Shin dan Mina nyaris terasa garing. Mina sendiri seringkali tergerak untuk melakukan banyak hal padahal dia punya misi utama dengan Dewa Laut. Akhir kisah antara Mina, Dewa Laut dan Shin itu sendiri terkesan dipaksakan menurut saya. Konon, kisah ini didasari oleh Legenda Shim Cheong. Untuk yang tertarik, bisa membacanya di sini. Novel ini sendiri terpilih sebagai  Best Young Adult Fantasy & Science Fiction (2022)  oleh Goodreads Choice Awards. Gambar covernya juga bagus banget, pas jadi bacaan di masa Imlek.  


The Girl Who Fell Beneath The Sea
Axie Oh
290 halaman
Elex Media Komputindo
Maret 2023



 

Be First to Post Comment !
Post a Comment