~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#622 A Bollywood Affair

 



Mili Rathod masih berusia 4 tahun saat dinikahkan dengan seorang anak laki-laki berumur 12 tahun dalam upacara pernikahan massal Akha Teej. Tidak lama setelah menikah, Virat Rathod beserta ibu dan adik tirinya pergi meninggalkan tempat asalnya. Selama dua puluh tahun Mili tidak pernah lagi bertemu dengan suaminya. Namun Mili tetap menantikan suaminya dengan kesetiaan. Dia telah menyerahkan cintanya kepada lelaki yang tidak dijumpainya lagi. Meski demikian, pernikahan membawa kebebasan bagi Mili. Dia bisa bersekolah, bahkan melanjutkan pendidikannya ke Amerika. Mili mengetahui bahwa suaminya adalah seorang perwira. Dengan alasan memantaskan diri untuk menjadi istri perwira, naani (nenek) Mili mengizinkannya pergi ke Amerika.

Virat Rathod sendiri tidak mengetahui jika pernikahannya dengan Mili masih berlaku. Ibunya pernah mengajukan pembatalan pernikahan, namun kakeknya yang licik tidak mengurus pembatalan itu. Virat telah menikah dengan seorang wanita yang dicintainya bernama Rima. Ketika surat dari Mili sampai kepadanya, Virat harus membatalkan pernikahannya dengan Mili. Dia tidak ingin anaknya yang sedang dikandung oleh Rima menjadi anak di luar nikah. Sayangnya, Virat mengalami kecelakaan dan koma selama seminggu. Saat dia sadar, dia meminta kepada Samir adiknya untuk menggantikannya menemui Mili dan meminta tanda tangan wanita itu atas pembatalan nikah mereka. 

Samir yang sangat mencintai kakaknya menyetujui permintaan kakaknya. Dia paham sekali bagaimana masyarakat akan memandang seorang anak yang lahir di luar penikahan yang sah. Dia tidak ingin masa lalunya terulang pada keponakannya nanti. Apalagi Mili melayangkan tuntutan hukum meminta hak atas harta Virat. Samir pun menemui Mili, tetapi karena kesalahpahaman Mili justru kabur darinya dan berakhir dalam kecelakaan yang membuat kaki dan tangannya cedera. Samir pun terpaksa harus merawat Mili. Selama empat minggu lebih mereka bersama, pandangan Samir terhadap Mili mulai berubah.

Pernikahan anak di India sebenarnya merupakan hal yang ilegal. Namun beberapa kelompok masyarakat masih melakukannya atas nama agama. Faktor kemiskinan menjadi salah satu pendorong terjadinya pernikahan anak ini. Neneknya Mili seorang janda yang telah kehilangan suami dan tiga anaknya. Dia harus membesarkan ibunya Mili seorang diri. Saat anak perempuannya menikah, nenek Mili merasa terbebas dari tanggung jawab menghidupi seorang anak. Lalu kemudian kedua orangtua Mili meninggal saat Mili masih kecil, dan nenek Mili terpaksa mengulangi kembali mengasuh seorang anak perempuan. Menikahkan Mili dalam usia dini menjadi solusi untuk terbebas dari tanggung jawab itu, sayangnya suami Mili pergi begitu saja. Sementara kakek Virat tetap meminta Mili dan keluarganya bertanggung jawab mengelola haveli milik keluarga Rathod. 

Bukan hanya Mili yang mengalami pernikahan dini tersebut. Lata, ibunya Virat dan Samir juga dinikahkan pada usia 7 tahun. Selayaknya seorang istri yang baik, Lata menerima takdirnya bersama Mir suaminya. Mir yang seorang akademisi menginginkan istrinya menjadi wanita yang pintar. Dia  mengajari Lata membaca dan menulis. Mir kemudian melanjutkan studinya ke Amerika dan di sana dia bertemu seorang wanita dan mempunyai anak. Mir yang meninggal dalam kecelakaan di Amerika, membuat Sara depresi dan membawa Samir ke India. Dia meninggalkan Samir pada istri Mir dan kembali ke Amerika. Samir dengan kulit putihnya tidak diterima di keluarga besar Mir. Dia mengalami banyak siksaan dari sang kakek, sehingga Lata harus membawanya bersama Virat pergi dari rumah itu. 

Novel romance ini sebenarnya lebih banyak berfokus kepada hubungan antara Samir dan Mili. Pesona Samir yang terkenal dengan julukan playboy Bollywood ternyata mampu meluluhkan hati Mili. Mili mengalami dilema antara menjaga kesetiaannya kepada suami yang tak pernah ditemuinya atau merasakan cinta terlarang bersama Samir. Samir sendiri terpesona dengan ketangguhan dan keberanian Mili. Mendengarkan perjuangan Mili dalam kemiskinannya membuat Samir ingin memiliki Mili. Dia tahu pernikahan Mili dan kakaknya bukanlah pernikahan sesungguhnya. Tantangannya adalah membuat Mili melihat dari sudut pandang yang sama.

Karya debut dari Sonali Dev ini menarik untuk dibaca. Ada banyak budaya India, khususnya tentang pernikahan diulas di dalamnya. Selain pernikahan anak, ada juga pernikahan antara dua orang dewasa yang dialami oleh sahabat Mili. Hal yang membuat Mili mau tak mau membandingkannya dengan pernikahan yang pernah dialaminya. Saya jadi ingin membaca buku lainnya dalam series Bollywood ini. Semoga ada terjemahannya.

A Bollywood Affair
Sonali Dev
440 halaman
Elex Media Komputindo
Agustus 2017



Be First to Post Comment !
Post a Comment