~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#623 Dunia Sunyi

 

 


Sulis sebentar lagi akan melahirkan, namun dia ingin suaminya, Darmo, berada di dekatnya saat anak pertama mereka lahir. Saat itu, Darmo yang berprofesi sebagai drummer sedang manggung bersama teman-temannya. Mendengar istrinya akan melahirkan, Darmo segera meninggalkan panggung dan menemui istrinya. Anak perempuan mereka lahir dengan selamat. Namun, sepertinya ada yang salah karena suara tangisan si bayi tidak terdengar.

Wulan, anak mereka ternyata lahir dengan kondisi tidak dapat mendengar atau tuna rungu. Sebagai seorang musisi yang mengharapkan anaknya dapat mengikuti jejaknya kelak, Darmo merasa sangat kecewa. Dia bahkan tidak ingin mengakui anaknya dan pergi meninggalkan rumah. Sulis membesarkan anaknya dibantu kedua orang tuanya serta mertuanya. Sulis bertekad memberikan yang terbaik bagi Wulan.

Hingga suatu ketika, Sulis menemukan ada bakat terpendam dalam diri Wulan. Wulan bisa bermain drum. Awalnya Wulan hanya memukul-mukul benda di dekatnya dengan nada tidak beraturan. Sampai kemudian, Wulan menyaksikan Darmo bermain solo drum di televisi, dan Wulan mengikuti setiap ketukan drumnya. Ternyata Wulan bermain drum dengan cara memperhatikan gerakan pemain lainnya. Bagi Wulan, getaran-getaran yang dia rasakan di ujung jarinya saat bermain drum sangat menyenangkan.

Tidak mendengar bukan berarti tidak merasakan.

Saya sudah pernah membaca novel karya Achi TM sebelumnya. Ketika saya mendapatkan tawaran dari Penerbit Andi untuk mengulas salah satu buku, saya tidak ragu memilih novel Dunia Sunyi ini. Sinopsis ceritanya sudah membuat saya penasaran, bagaimana seorang yang terlahir tanpa kemampuan pendengaran, bisa bermain musik. Perjuangan Sulis sebagai orang tua tunggal yang membesarkan anak dengan kebutuhan khusus tidak mudah. Orang tua Darmo yang juga musisi, sangat mengerti kekecewaan anaknya, dan mereka melampiaskannya pada Wulan. Di sisi lain, mereka pun tidak ingin Wulan dicemooh oleh orang lain dan membuatnya malu. Tapi keyakinan Sulis akan kemampuan anaknya membuatnya tidak goyah.

Novel ini cocok dibaca untuk semua kalangan usia. Baik orang tua maupun anak-anak. Ada bagian dimana Wulan harus menghadapi teman-temannya di sekolah yang tidak paham akan kondisinya. Ini bisa menjadi pembelajaran bagi anak-anak agar lebih peka terhadap lingkungan sosial mereka. Ohya, novel ini bisa didapatkan dengan harga diskon di toko buku online Andi Publisher atau di marketplace pilihan kamu. Selain novel ini kamu juga bisa menemukan novel-novel menarik terbitan Sheila Publisher (imprint Andi Publisher) lainnya di sana.  

Dunia Sunyi
Achi TM
186 halaman
Sheila Publisher
2020




Be First to Post Comment !
Post a Comment