~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#626 Rapijali 2 : Menjadi

 


Ketika Rapijali 2 diterbitkan di Storial sebagai cerita bersambung, saya langsung ikutan PO. Tapi karena saya memang tidak begitu senang dengan cerita bersambung, saya memilih akan membacanya nanti setelah semua bagiannya diterbitkan. Tapi kemudian terlupakan... hehe. Sadarnya belum baca pas tahu kalau Rapijali 3 akan segera terbit dan berpindah platform digital ke Karyakarsa. Akhirnya saya menuntaskan Rapijali 2: Menjadi ini, setelah sekian lama tersimpan dalam apikasi Storial di hape saya. Berhubung kapasitas hape saya pas-pasan, saya harus merelakan satu aplikasi dihapus sebelum menginstall aplikasi lain. Eh, tapi saya juga dapat versi cetaknya dari Alvina (thank you, sis...)

Rapijali akhirnya mengikuti audisi Band Idola Indonesia di TVRI. Dengan personil Ping, Rakai, Inggil, Andre a.k.a Buto, Jemi dan Lodeh mereka maju dengan lagu gubahan. Sementara itu, Guntur kelihatannya akan memenangkan sesi debat calon Gubernur. Satu-satunya yang masih menyimpan kegundahan besar adalah Ardi. Tapi akhirnya Ardi memutuskan untuk mengambil langkahnya sendiri. Yang tidak dia sangka, langkah yang dia ambil membawa keluarganya menuju kehancuran.

Cukup segitu isi bukunya saya ceritakan. Bagian yang saya suka dalam buku #2 ini adalah saat Ping mengajak Rapijali kembali ke Cijulang. Di situ saya baru nyadar kalau Inggil adalah cowok. Selama ini saya mengira Inggil itu cewek. Dengan karakternya yang suka ceplas-ceplos tapi berisi, Inggil versi cewek dalam benak saya itu keren dan lucu. Inggil memang karakter favorit saya dalam novel ini. Duetnya dengan Buto itu pas banget.

Soal cinta segiempat ala Ping- Oding- Rakai - Jemi juga meninggalkan kesan. Oding adalah zona nyaman-nya Ping. Mungkin Oding memang "tempat pulang"-nya Ping ketika dia merasa lelah. tapi bersama Rakai, Ping bisa menggapai mimpinya. Dan lagi-lagi Inggil yang bisa melihat kondisi cinta segiempat itu, meski hipotesisnya sedikit ngaco. 

Dengan mengusung subjudul Menjadi, kisah grup band Rapijali dalam buku #2 ini memang difokuskan pada perjalanan karir mereka sebagai pemusik. Ada banyak pengembangan karakter tokoh yang terjadi dalam buku #2 ini. Masa-masa audisi, ikut lomba sehingga akhirnya bisa menjadi bintang band Indonesia bahkan sebelum mencapai final. 

Rapijali 3 mengambil tajuk Kembali. Apakah Rapijali kembali bersama? Atau ada hubungan yang kembali dipersatukan? Ayo lanjutkan ke Rapijali 3 : Kembali.

Rapijali 2 : Menjadi 
Dee Lestari
484 halaman (printed)
Bentang Pustaka
Juli, 2021




1 comment on "#626 Rapijali 2 : Menjadi"
  1. Ya ampun sama, ini baru ngeh Inggil cowok setelah baca buku kedua dong..malah kujodohkan dengan Buto karena berantem melulu

    ReplyDelete