~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#43 I Am Number Four


Judul Buku : I Am Number Four
Penulis : Pittacus Lore
Halaman : 493
Penerbit : Mizan Fantasi

Sepuluh tahun yang lalu, Planet Lorien diserang oleh bangsa Mogadorian. Semuanya musnah, kecuali sembilan orang Garde dan sembilan Cepan (penjaga) mereka yang didatangkan ke Bumi. Sembilan pasang Loric yang secara fisik seperti manusia itu berpencar ke seluruh bumi, dibekali satu peti Loric. Sebuah mantera melindungi mereka dari Mogadorian, dimana kesembilan Garde tersebut hanya bisa dimusnahkan secara berurutan.

Ketika tiga orang Garde akhirnya mati, Garde ke-Empat merasa was-was karena berikutnya adalah gilirannya dibunuh. Dia dan Henri, Cepannya, harus terus berpindah dan bersembunyi. Kota Paradise, Ohio menjadi tujuan mereka selanjutnya. Untuk penyamaran mereka, Nomor Empat memilih nama John Smith, dan menjadikan Henri Smith sebagai ayahnya. John berkenalan dengan Sarah, salah satu gadis ex- cheerleader di sekolah barunya itu. John jatuh cinta pada Sarah, dan cintanya juga bersambut. John juga mempunyai seorang sahabat bernama Sam, yang sangat tertarik akan hal-hal yang berbau supernatural.

Masing-masing Garde memiliki Pusaka yang menjadikan mereka istimewa dibandingkan warga Lorien lainnya. Tidak ada yang tahu kapan Pusaka ini muncul. Kekuatan dari Pusaka inilah yang akan menjadi senjata mereka untuk melawan bangsa Mogadorian dan menghidupkan kembali planet Lorien. Ketika Pusaka itu muncul, barulah Garde boleh membuka peti Loric miliknya.

Pusaka John muncul tiba-tiba ketika dia sedang belajar astronomi di dalam kelas. Telapak tangannya bersinar seperti sebuah lampu sorot. Henri kemudian mejalankan tugasnya sebagai pelatih sehingga John bisa menguasai Pusaka-nya tersebut. Kemunculan Pusaka ini akhirnya diikuti oleh Pusaka-Pusaka berikutnya. Selain Lumen (sinar yang muncul dari telapak tangannya itu), John juga tahan dan mampu mengendalikan api, serta dapat berbicara dengan hewan.

Suatu peristiwa akhirnya mengungkap identitas Nomor Empat. Tanpa disadarinya, seseorang merekam persitiwa dimana dia menyelamatkan Sarah dari rumah yang terbakar. Di video tersebut, tampak John melompat dari lantai dua rumah yang terbakar dan tidak mengalami luka apapun. Video tersebut beredar di internet, yang mengakibatkan Mogadorian berhasil menemukan jejak mereka. Apakah Nomor Empat berhasil selamat dari Mogadorian?

Buku ini sepenuhnya menceritakan tentang Nomor Empat. Jujur saja, saya melihat sosok Nomor Empat sebagai super hero yang labil dan galau. Berkali-kali Nomor Empat melakukan hal-hal yang membahayakan dirinya dan Cepannya, walaupun sudah diperingatkan sebelumnya oleh Henri. Saya lebih suka pada sosok Henri yang benar-benar melakukan perannya sebagai pelindung dan penjaga. Dia bahkan mengorbankan dirinya demi keselamatan Garde Nomor Empat yang dijaganya.

Dalam buku ini juga muncul Garde lainnya yaitu Nomor Enam. Berbeda dengan Nomor Empat, Nomor Enam adalah seorang gadis yang tangguh, mampu mengendalikan dirinya, dan tahu konsekuensinya sebagai seorang Garde. Pengetahuannya tentang Lorien dan asal-usulnya pun jauh lebih baik daripada Nomor Empat. Kalau salah satu endorsement di sampul buku ini yaitu dari Michael Bay mengatakan Nomor Empat adalah pahlawan bagi generasi ini, saya justru melihat Nomor Enam sebagai pahlawannya.

Terlepas dari itu, adegan demi adegan action di buku ini sangat hidup. Saya berkali-kali merasakan ketegangan ketika membaca bagian actionnya. Kelebihan lainnya adalah saya tidak menemukan typo dalam buku ini. Setelah membaca habis buku ini, saya tidak sabar untuk melanjutkan ke buku sekuelnya, The Power of Six. Untung bagi saya, Okky bersedia meminjamkan kedua bukunya ini sekaligus :)


2 comments on "#43 I Am Number Four"
  1. [...] sebagai Lorien Legacies #0.5. Kalau melihat nomornya berarti buku ini adalah prekuel dari buku I Am Number Four (Lorien Legacies #1). Untuk itulah, saya memutuskan membaca bagian ini terlebih dahulu sebelum membaca The Power of Six [...]

    ReplyDelete
  2. Kak boleh minta ebook nua gak dr iam number 4 smp akhir?

    ReplyDelete