~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#401 The Cuckoo's Calling


Judul Buku : The Cuckoo's Calling (Cormoran Strike #1)
Penulis : Robert Galbraith
Halaman : 520
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama


Seorang supermodel ditemukan tewas terjatuh dari balkon apartemennya. Polisi menyimpulkan bahwa kejadian itu adalah peristiwa bunuh diri, apalagi model cantik ini pernah dirawat karena depresi. Tetapi kakak korban berpendapat lain. Dia akhirnya memohon meminta bantuan kepada Cormoran Strike, mantan prajurit yang sekarang bekerja sebagai detekif partikelir. 

Dengan dibantu oleh Robin, sekretaris sewaannya, Cormoran memulai penyelidikannya atas kematian Luna Landry. Cormoran mewawancarai beberapa saksi yang terkait dengan kematian tersebut, mendapat bantuan dari temannya polisi yang bertugas menyelidiki kasus kematian ini, juga melakukan investigasi mencari orang-orang yang berkaitan dengan Luna Landry.

Membaca buku ini membutuhkan perjuangan ekstra dari saya. Berkali-kali saya berhenti membacanya karena alur ceritanya menguji kesabaran saya. Alih-alih penyelidikan soal kasus Luna Landry, separuh buku ini justru bercerita tentang Cormoran Strike dan kisah cintanya yang menyedihkan. Tidak ada peristiwa mendebarkan. Tidak ada perkembangan cerita. Saya bahkan hampir menyerah membaca buku ini. FYI, saya ditantang oleh Oky untuk membaca buku ini dalam rangka Lucky  No.15 Reading Challenge. Saya sudah pasrah tidak bisa menyelesaikan buku ini, sampai saya mengganti strategi. Saya meminjam buku ini via IJakarta, sehingga saya bisa membacanya kapan saja.

Kejeniusan Cormoran yang tidak ditampilkan hingga mendekati sepertiga dari akhir buku ini membuat saya tidak bisa klik dengan jalan ceritanya. Saya justru menyukai Robin, sekretaris yang ternyata memiliki bakat menjadi detektif. Ketika Cormoran mulai menunjukkan "aksi"-nya, saya jadi tertarik membacanya, bahkan bisa menghabiskannya dengan segera. Kepingan-kepingan informasi yang terlihat sepele di awal cerita ternyata menjadi pendukung plot twist dalam kisah si kukuk ini.

Untuk terjemahan yang rapi, saya memberikan satu bintang tersendiri. Emosi setiap karakter tergambarkan dengan baik. Meskipun bukan kisah misteri favorit saya, saya mau membaca kelanjutan kisah Cormoran Strike. Apalagi kalau dia masih bersama dengan Robin.

3 stars

*postingan ini diikutkan dalam Lucky No. 15 Reading Challenge kategori Randomly Picked
Be First to Post Comment !
Post a Comment