~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

Book Kaleidoscope 2016 – Top Five



Akhirnya kita tiba di penghujung tahun 2016. Biar kekinian dan bisa ikutan Posting Bareng BBI, saya menyempatkan diri untuk membuat postingan tentang #BBITopChoice. Saya akan membuat ulasan mengenai buku-buku yang saya baca. Dari sekian banyak kategori saya akan memilih 3 saja yaitu: Top Five Ratings, Top Five New Author dan Top Five Buku Bantal. Ohya, di dalam top five yang saya pilih nantinya tidak akan saya urutkan berdasarkan peringkat. Jadi...saya hanya memilih 5 yang terbaik dari bacaan saya selama tahun 2016.   Kita lihat satu per satu ya... 


Top Five Six Ratings

Selama tahun 2016, kayaknya saya agak pelit ngasih rating. Dengan rating bintang 1 sampai dengan 5, rata-rata rating yang saya berikan adalah 2,9. Dari 260 buku yang sudah saya baca hanya ada 6 buku yang mendapat rating 5 bintang dari saya. Jadi, untuk kategori ini, saya memasukkan keenam buku tersebut. Apa saja itu? Ada Out of My Mind, Deessert, Teka-Teki Terakhir, O2, Chemistry For Beginners dan Melody & Mars. Silahkan baca reviewnya ya, karena di sana saya sudah jelaskan mengapa saya sangat menyukai keenam buku ini.


Top Five New Author

Ada beberapa penulis yang karyanya baru saya baca di tahun 2016 ini, dan membuat saya jadi suka sama mereka. Yang pertama ada Elsa Puspita. Saya pertama kenal tulisannya lewat Pre-Wedding in Chaos, dan jatuh cinta pada karya penulis ini lewat Deessert. Berikutnya ada Courtney Milan. Penulis genre historical romance ini mencuri perhatian saya karena karakter tokohnya yang tidak biasa dan juga dialognya yang lucu menyegarkan. Saya pertama kali membaca karyanya yang berjudul Unclaimed. Meski kadang terjemahannya agak kaku, tapi masih bisa membuat saya jatuh cinta.

Lalu ada Anisa Ihsani, lewat karyanya Teka-Teki Terakhir dan A Untuk Amanda. Saya berharap lebih banyak lagi karyanya yang bermunculan di tahun depan. Kezia Evi Wiadji juga menjadi salah satu new author yang karyanya akan saya baca jika saya menemukan bukunya. Dari penulis ini saya sudah membaca You Are Invited, I Am Yours dan The Unbroken Vow. Yang terakhir ada Aqessa Aninda, yang menulis Secangkir Kopi dan Pencakar Langit. Penulis ini baru mengeluarkan satu karya, tapi karena saya suka dengan gaya menulisnya saya bela-belain ngikutin update dia di wattpad.

Top Five Buku Bantal

Huahaha... kategori yang satu ini sengaja saya masukkan. Membaca buku bantal itu tantangan tersendiri lho... Buku bantal itu adalah buku yang jumlah halamannya minimal 500 halaman. Sepertinya saya tidak banyak membaca buku bantal di tahun ini. Untuk kategori ini, saya meminta bantuan Goodreads untuk melacaknya. Dan inilah hasil pelacakannya : Low Pressure (632), Quo Vadis (552), Career of Evil (552), Mean Streak (552) dan Deadline (536).


Well...itulah tiga kategori Top Five dari buku-buku yang saya baca selama setahun ini. Selanjutnya untuk #BBIWishlist2017, saya pengennya bisa membaca minimal 100 buku, kalau bisa menyamai atau melebihi capaian tahun ini. Trus saya juga pengen menghabiskan timbunan (yang mana ini challenge terberat karena godaan buku-buku baru itu), trus bisa membaca buku yang ada di daftar wishlist, menulis review lebih banyak (biar bisa sering ikutan lomba review dan dapat buku lagi..haha), dan tetap bisa saling menjaga silaturahmi dengan semua member BBI.

Gitu aja sih... postingan ini sekaligus menjadi postingan penutup di tahun 2016. Terima kasih yang sudah mampir di blog ini. Terima kasih untuk penulis/penerbit yang sudah bekerja sama dengan blog ini. Semoga bisa terus terjalin untuk ke depannya. Sampai jumpa di tahun 2017. Keep reading, keep blogging.
1 comment on "Book Kaleidoscope 2016 – Top Five"
  1. Annisa Ihsani mungkin memang sudah sepatutnya menjadi penulis yang karya2nya patut ditunggu. Saya jatuh cinta semenjak baca A Untuk Amanda

    ReplyDelete