~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#572 Episode Para Lajang


Jarang sekali #novelMetropop hadir dalam bentuk kumpulan cerpen. Apalagi jika ditulis oleh hanya satu orang saja. Episode Para Lajang adalah contohnya. Kumpulan cerpen Metropop ini terdiri atas 12 cerita tentang para lajang. Mari kita "intip" satu per satu.

#1 You're the One That I Don't Want
Kisah pertama dibuka dengan pertanyaan sejuta umat untuk para lajang berumur tigapuluhan. Kapan menikah? Pertanyaan dari ibunya membuat Lucia meradang dan tidak mau pulang ke rumah. Bagi Lucia mencari jodoh itu sama halnya dengan mencari celana dalam yang nyaman digunakan. Gak sembarangan. Namun bisa jadi Lucia belum menemukan jodohnya karena penampilannya yang mirip pria. Sampai suatu ketika ada seorang pengunjung wanita di kafenya yang membuatnya bertanya-tanya tentang penampilannya sendiri. 

#2 Hot and Cool
Damayanti menggunakan kesempatan bertemu dengan anak-anak di rumah asuh milik sahabatnya untuk menggantikan kekosongan dalam dirinya atas kehilangan anaknya sendiri. Terutama saat dia bertemu dengan Kalila, seorang anak yang beberapa kali mendapatkan nasihat karena ringan tangan. Ada kedekatan instan yang terasa dalam diri Damayanti saat bersama dengan Kalila. Tapi saat hot daddy, ayah Kalila, menanyakan dirinya, Damayanti berubah menjadi sosok cool. Saya penasaran dengan cerita satu ini, yang sepertinya diakhiri bahkan sebelum dimulai. 

#3 the IDEAL man
My ideal man doesn't drink, doesn't smoke, doesn't gamble, doesn't do drugs and that means je doesn't exist.. Betulkah seperti itu? Riska berpendapat seperti itu ketika sepupunya Vero menyebutkan kriteria cowok idamannya. Vero hanya berbeda 4 bulan dengannya, dan belum juga memiliki kekasih. Sementara Riska sudah dilamar oleh Aldi kekasihnya. Akhirnya Riska mengatur kencan buta antara Vero dan Reynold. Percakapan di antara keduanya mengalir lancar sampai ketika kencan usai, dan Reynold menuntut pembayaran fifty-fifty. Vero lantas kecewa.
Sepertinya ada yang tidak konsisten dari diri Vero. Awalnya dia digambarkan sebagai sosok yang tangguh, bahkan dalam percakapan soal emansipasi dan penentuan sikap, Vero mendapatkan pujian dari Reynold. Lantas giliran diminta membayar makanan bersama, mengapa Vero justru kecewa. Aneh saja sih.

#4 Loser
Sudah tiga hari Hans, cowok playboy di kantor, menunggu Selvy di kedai kopi favorit gadis itu. Dan setelah tiga hari menguasai spot duduk favoritnya, Selvy memberanikan diri mendekati Hans. Tanpa basa-basi, Hans menembak Selvy. Tapi Selvy mengulur waktu tiga hari untuk memberi jawaban. Sebenarnya Hans cowok yang layak dijadikan pacar. Apalagi ketika dia menjatuhkan pilihan pada Selvy yang biasa-biasa saja. Tapi pacaran tanpa cinta? Atau ada sesuatu di balik niat Hans? Ceritanya lumayan bagus. Ending-nya unpredictable.

#5 Romantic is...
Rose merasa jengah ketika Grace, sahabatnya berusaha mengulik cerita darinya sepanjang makan siang. Tidak tanggung-tanggung, suara Grace membuatnya yakin kalau Kakei yang duduk tidak jauh dari tempat mereka mendengar percakapan itu. Tapi mengapa Kakei terlihat biasa saja? 

Sementara itu, Kakei sendiri resah mendengar kisah Rose yang sudah menaklukkan banyak pria. Padahal dia sudah melempar sinyal-sinyal romantis, meskipun sahabatnya bilang sinyalnya tidak tetap sasaran. Tapi mendengar bahwa ukuran pria yang sedang disukai Rose itu lebih besar membuatnya panas.

Cerita ini lucu. Dan romantis tentunya. Karena romantis itu sepenuh hati.

#6 Episode Para Lajang
Empat orang wanita lajang yang bersahabat, dan satu per satu memutuskan untuk menerima lamaran pria pilihan mereka. Padahal sebelumnya Valeri, Annisa, Sara dan Eva mengumbar mereka tidak membutuhkan pria dan memandang sebelah mata pada pernikahan. Tapi waktu membuat perubahan. Setelah Annisa, Eva menyusul melangsungkan pernikahan. Tinggallah Valeri dan Sara berdua. Cerita ini mengangkat benang merah tentang indahnya melajang. Saya tadinya berharap lebih pada cerita yang mengambil judul sama dengan judul kumpulan cerpen ini. Tapi kisahnya datar saja menurutku.

#7 Hari Ini Indah (Tessalonica Memutuskan Mati)
Setiap orang punya masalah. Dan semua yang bermasalah di sekitar Tessa berlari padanya. Dengan tangkas, Tessa memberikan saran, nasihat, semangat, apapun yang ingin didengarkan oleh orang itu. Pekerjaan Tessa juga seputar memberikan saran, nasihat, semangat, jawaban atas pertanyaan dari surat-surat yang diterimanya untuk dimuat dalam setiap edisi. Tugas Tessa adalah membuat hari-hari setiap orang menjadi indah. Lantas bagaimana dengan Tessa sendiri? Nice story.

#8 Dosa Memang Indah
Good girls only go to heaven. Bad girls go everywhere. Karina tahu label yang melekat di dirinya membuatnya tidak dapat melangsungkan pernikahan dengan Mahadewa. Tapi Mahadewa kembali padanya setelah pernikahan meski kini Marina, istrinya telah hamil. Karina bertanya-tanya apakah nanti anak mereka akan mirip dengan Mahadewa atau mirip dirinya, yang sangat mirip dengan Marina karena mereka kembar identik. Apa boleh buat, sejak zaman batu pun dosa selalu indah. Karina berjanji pada saudara kembarnya akan mencarikan nama yang indah untuk anaknya.

#9 And This Is My Story
Bukan salah Ibu tidak mencintaiku. Aryani hanyalah seorang penulis, pekerjaannya tidak mengharuskan dia berangkat pagi ke kantor dan pulang sore ke rumah. Ibu tidak tahu bahwa penghasilan Aryani jauh melebihi general manager di luar sana. Buku-buku karya Aryani menjadi best seller. Tapi Ibu hanya terpesona pada Dea, adiknya yang lulus kuliah S2 dari Australia dengan beasiswa. Sebentar lagi adiknya akan menikah. Sementara Aryani masih melajang ditemani dengan tulisan-tulisannya. Sampai kapan Ibu akan memahami dirinya?

Salah satu cerita terbaik dalam kumpulan cerpen dengan plot twist mengejutkan. 

 #10 Life of Pi/Pai
Pi dan Pai hidup bersama. Setiap pagi Pi akan menyiapkan sarapan untuk Pai, menikmati waktu bersama, saling bercerita. Apapun mereka ceritakan. Bahkan tentang desakan orangtua Pi agar anaknya segera menikah. 

Mungkin cerita ini dimaksudkan untuk memberikan kejutan di akhirnya. Tapi saya sudah bisa menebak akhir ceritanya, tentang siapa Pi dan Pai ini. 

#11 Jaka dan Dara
Karena singkatan nama, Jasmine dan Damian menjadi dua orang yang diduga memiliki gender sesuai singkatan namanya. Akibatnya, mereka harus sekamar dalam trip ke Bangkok. Harusnya kisahnya berawal di sini. Tapi sayangnya justru berakhir. Dan ada yang aneh, saat akan berangkat keluar negeri, bukannya di paspor identitas gender tertera kan? Dan agen trevelling punya fotokopian paspornya. 

#12 Take A Chance on Me
Wah ternyata ini lanjutan dari kisah #1 di atas. Kali ini Paris, partner Lucia yang kedatangan tamu dari masa lalu. Lucia mengajak Paris taruhan bahwa gadis itu akan mengajak Paris kembali jadian. Tapi Paris meyakinkan Lucia kalau mereka tidak akan jadian. Entah siapa yang akan menjadi pemilik selembar lima puluh ribuan itu. Yang pasti Paris berjanji ingin mengakhiri masa lajang seorang gadis.

Dua belas cerita tentang gadis lajang dalam berbagai versi. Lumayan menghibur, dan bisa dibaca dalam sekali duduk. Favorit saya ada pada cerita #5. Semoga ada dari kisah-kisah ini yang berkembang menjadi satu novel utuh. 

Episode Para Lajang
Shandy Tan
224 halaman
Gramedia Pustaka Utama
Agustus, 2014


Be First to Post Comment !
Post a Comment