~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#573 Teater Boneka


Teater Boneka Poppenkast terancam tutup. Erin, pemilik sekaligus pengelola Poppenkast, menyadari bahwa peminat teater boneka semakin menurun. Perkembangan teknologi membuat banyak anak-anak lebih menikmati gawai daripada menonton pertunjukan boneka. Erin mulai gelisah dan gundah dengan warisan Kakek dan Ayahnya ini. Belum lagi Robert kekasihnya mengatakan bahwa dia hanya melakukan hal yang sia-sia jika mempertahankan Poppenkast.

Di saat itu, Awan hadir. Awalnya Erin melihat Awan sebagai salah satu penonton yang ingin mengulang masa lalunya di Teater Boneka Poppenkast. Lalu tiba-tiba, Awan menawarkan diri menjadi karyawan di situ meskipun tanpa digaji. Dengan susah payah Erin meyakinkan rekannya untuk menerima Awan. Karena Erin memahami perasaan Awan yang terikat dengan kenangan teater boneka itu. Hanya saja, sosok Awan sangat misterius. Seperti ada yang sengaja ditutupi Awan darinya. Namun, di balik itu semua kehadiran Awan membawa perasaan baru yang bersemi di hati Erin.

Cerita dalam cerita. Itu sensasi yang saya dapatkan saat membaca novel ini. Soalnya ada beberapa selipan cerita skenario teater boneka yang ditampilkan oleh penulis, para penulis tepatnya. Dari sisi ide cerita, saya suka dengan tema teater boneka. Saya sendiri belum pernah menonton teater boneka, tapi saya bisa membayangkan serunya pertunjukan itu. Namun ada beberapa bagian dari novel ini yang masih "mengusik" saya. Misalnya tentang Awan yang tiba-tiba saja sadar setelah bermimpi tentang ayahnya. Dan hubungan antara Awan dan Erin yang chemistry-nya tidak begitu terasa, dan tiba-tiba saja Erin merasa jatuh cinta pada Awan. Terus soal ayahnya Erin. Saya pikir ayahnya sudah tiada, dan meninggalkan Teater Boneka Poppenkart untuk diurus oleh Erin sendirian. Eh, ternyata ayahnya masih hidup dan tinggal di Jogja.

Terlepas dari itu saya mengapresiasi novel kolaborasi yang menurut saya tergolong sukses. Meskipun ada tiga penulis, tapi kolaborasi yang apik membuat novel ini terasa ditulis oleh hanya satu orang saja. Saya berusaha menebak-nebak bagian mana yang ditulis oleh siapa, namun tidak berhasil. Salut untuk ketiga penulisnya. 

Teater Boneka
Emilya Kusnaidi, Orinthia Lee, Ayu Rianna
320 halaman
Gramedia Pustaka Utama
April, 2014


Be First to Post Comment !
Post a Comment