~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#595 Algoritme Rasa

Junia Padma, seorang senior back-end developer. Dia adalah satu-satunya programmer cewek di kantornya. Tidak jarang dia mendapati pandangan penuh keraguan dari kliennya. Seperti ketika dia berhadapan dengan Bhisma, calon klien yang ingin membuat sebuah e-commerce. Tapi yang membuat Juni merasa tidak nyaman saat bertemu Bhisma bukan karena hal itu. Lebih kepada Bhisma adalah mantan pacar sahabatnya, Sandra, dan waktu itu Sandra dan Bhisma tidak putus baik-baik. Sandra yang meninggalkan Bhisma, demi seorang pria yang lebih kaya bernama Harsya.

Dan benar dugaan Juni. Bhisma belum bisa move on, dan ingin kembali kepada Sandra. Bhisma mendekati Juni, ingin menjadikan Juni sebagai pintu untuk membawanya kembali kepada Sandra. Bhisma beranggapan Sandra tidak cocok untuk Harsya, dan Juni sependapat dengan itu. Harsya memang kaya dan mapan, tapi matanya yang suka jelalatan membuat Juni tidak ingin sahabatnya menikah dengan pria semacam itu. Misi Sandra-Harsya putus pun dijalankan oleh Bhisma dan Juni.

Sayangnya ada yang salah dengan misi ini. Juni tidak bisa menyangkal kedekatannya dengan Bhisma membawa perasaan lain di hatinya. Apalagi Bhisma membuat perubahan besar dalam hidup Juni dengan membantunya mengatasi trauma di hidupnya dan memulihkan hubungan keluarganya. Belum lagi Bhisma membawa Juni lebih jauh mengenal keluarga Bhisma dan rahasia dalam keluarganya. Juni harus menemukan anti virus agar program dalam dirinya tidak berantakan.

Membaca novel ini rasanya seperti naik rollercoaster. Emosi saya dibuat naik turun, but in good term. Konflik demi konflik dibuat berlapis dan tertata sedemikian rupa, membuat saya tidak bisa berhenti membacanya. Seandainya nggak ingat lagi ngerjain project di kantor yang membuat saya harus bangun pagi-pagi, bisa nembus subuh baca novel ini.

Sakit hati, kekecewaan, ketakutan, kemarahan bercampur aduk menjadi satu membuat Juni mengalami trauma berkepanjangan. Awalnya berasal dari masalah di dalam keluarganya, lalu kemudian merembet kepada hubungannya dengan sahabat dan pria-pria yang mendekatinya. Sementara itu, Bhisma melakukan satu kesalahan fatal dengan membuat hati Juni tambah hancur berantakan.

Yang saya suka dari Job Series #3 ini adalah soal pekerjaan Juni. Dia seorang programmer, yang sehari-hari berurusan dengan coding, bahasa program, dan segala hal berbau informatika yang umumnya akrab dengan kaum pria. Ada banyak ilmu-ilmu tentang per-coding-an yang dituliskan oleh penulis. Seimbang dengan ilmu psikologinya. Good job.

Satu quote yang saya rasa menjadi benang merah di dalam novel ini,

"...tapi penerimaan setiap orang itu beda. Kadang apa yang kita anggap sebagai bentuk perhatian dan rasa sayang justru menyakiti. Apa yang kita niatkan bercana ternyata melukai." (hlmn 392).



Algoritme Rasa
Pradnya Paramitha
464 halaman
Elex Media Komputindo
November, 2019

Be First to Post Comment !
Post a Comment