~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

Manfaat Gadget Untuk Anak


Semoga yang baca judulnya ini nggak langsung mencak-mencak ya...hehe. Tenang Bun, Yah... dibaca dulu sampai habis tulisannya. 

Jadi begini... semenjak saya ketagihan baca buku digital di handphone, hampir setiap malam saya akan menyempatkan diri membaca buku. Tentunya setelah anak saya tidur. Suatu malam, anak saya nggak bisa mau tidur meski sudah dikelonin. Huhu..kapan saya baca buku nih, pikir saya. Sampai akhirnya saya buka aplikasi Gramedia Digital di dalam handphone saya dan mencari buku anak bertema binatang. Lalu saya bacakan bukunya, dan akhirnya dia tertidur. Yah...resikonya, sampai sekarang tiap mau tidur harus dibacakan cerita dulu deh.

Lantas apa manfaatnya? Membacakan cerita untuk anak itu penting sekali, terutama sebelum anak tidur. Biasanya saat mau tidur anak dalam keadaan rileks, dan cerita yang didengarkan lebih mudah masuk dan tertanam dalam pikirannya. Imajinasi anak juga akan berkembang. Otaknya terstimulasi untuk menambah kosakata dan pengetahuan baru. Plus akan ada bonding antara orang tua dan anak yang dinantikan oleh anak setiap hari.

Awalnya, saya hanya sekadar membacakan cerita untuk anak saya. Selain dongeng binatang, saya juga kadang membacakan ensiklopedia cilik. Anak saya (4 tahun) dulunya malas sekali diminta belajar menggambar atau mewarnai. Sampai suatu hari, kami dikejutkan saat dia membawa selembar kertas bergambar tata surya yang dibuatnya. Lalu dia mulai menjelaskan nama-nama planetnya, dan bagaimana planet itu beredar mengelilingi matahari. Saya lantas bertanya, apakah dia mempelajarinya di sekolah? "Tidak....ini yang mama ceritakan kemarin itu", jawabnya. Ternyata saat saya membacakan ensiklopedia tentang tata surya, dia menyimak dengan baik. Kebetulan? Nggak juga. Di lain waktu dia menceritakan kembali salah satu dongeng lengkap dengan petuahnya.

Saya sangat bersyukur dengan paket premium dari Gramedia Digital, saya bisa membacakan banyak cerita untuk anak saya. Sekarang ada Kids Premium Package di Gramedia Digital, hanya dengan membayar Rp45.000 sebulan, kita sudah bisa mengakses ratusan buku anak terbitan Kompas Gramedia grup. Ketimbang beli bukunya, buku anak kan lumayan ya harganya. 

So... siapa bilang gadget gak bermanfaat untuk anak? Asalkan orang tua bijaksana dalam menerapkan pemakaian gadget, diambil manfaat positifnya ya.

gambar diambil dari sini
Be First to Post Comment !
Post a Comment