~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#613 Lethal White



Sebelum membaca buku Cormoran Strike #4 ada baiknya membaca buku sebelumnya khususnya buku #3 yang berjudul Career of Evil. Sejujurnya, kisah antara Strike dan Robin yang membuat saya penasaran membaca buku #4 ini.

Robin menikah dengan pacarnya, Matthew. Keputusan itu diambil Robin setelah dirinya dipecat oleh Strike. Yang belakangan Robin ketahui, Strike menghubunginya kembali namun pesan-pesan itu telah dihapus oleh Matthew. Robin sangat marah dan hampir saja meninggalkan pernikahannya. Namun bayangan pengorbanan biaya yang telah dikeluarkan oleh kedua orangtuanya membuatnya mengurungkan niat itu. Kepada Strike, Robin berjanji akan segera kembali ke kantor setelah urusan bulan madunya selesai.

Kasus yang dihadapi oleh Strike dan Robin kali ini diawali oleh kedatangan seorang pemuda gila ke kantor mereka yang meminta bantuan Strike untuk mencari pembunuh seorang anak. Billy, pemuda itu mengaku telah melihat seorang pemuda mencekik seorang anak di sebuah tempat kuda. Namun Billy menghilang seketika sebelum Strike mengorek keterangan lebih lanjut. Kemudian datanglah permintaan dari seorang Mentri Kebudayaan untuk mengusut pemerasan atas dirinya yang dilakukan oleh seorang Mentri lainnya. Ternyata kedua kasus ini berhubungan karena orang-orang yang terlibat di dalamnya saling beririsan.

Jujur saja, saya tidak begitu tertarik dengan kasus di dalam buku #4 ini. Ada banyak zona abu-abu yang baru mulai kelihatan kejelasannya setelah masuk ke bagian kedua buku ini. Yang mana sudah hampir setengah buku yang setebal 700an halaman ini. Itupun setelah orang yang mengajukan kasus kedua kepada Strike meninggal dalam keadaan mengenaskan. Kepiawaian Robert Galbraith menghubungkan antara satu tokoh dengan tokoh lainnya (meskipun ada banyak sekali tokoh yang terlibat) membuat kasusnya mudah dicerna.

Saya justru tertarik dengan hubungan antara Strike dan Robin (yang sejak series ini diawali, relasi kedua tokoh utama ini membuat saya penasaran). Robin harus menjalani terapi karena serangan panik akibat kecelakaan di kasus terakhir yang membuat dirinya dipecat oleh Strike. Di samping itu dia berusaha meyakinkan dirinya untuk percaya bahwa pernikahannya dengan Matthew layak dipertahankan, hanya untuk mendapati suaminya belum bisa melupakan kekasihnya yang lama. Sementara itu Strike juga harus mengalami putus hubungan dengan kekasih sepuluh bulannya, sampai bertemu kembali dengan Charlotte, mantan tunangannya. Lantas bagaimana dengan hubungan antara Strike dan Robin sendiri? Di balik sikap profesionalisme antar partner yang harus mereka jaga, ada rasa yang terus terpendam. Dan membuat sebagian pembaca penasaran akan kelanjutannya di buku ke#5 yang akan terbit tidak lama lagi. 


Lethal White - Kuda Putih
Robert Galbraith
704 halaman
Gramedia Pustaka Utama
Juli, 2019



Be First to Post Comment !
Post a Comment