~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#5 Embroideries (Bordir)


Judul Buku : Embroideries (Bordir)
Penulis : Marjane Satrapi
Halaman : 136
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

“Perempuan kalau ngumpul dengan sesamanya perempuan (kabarnya) suka menggosip.”

Mau setuju atau tidak dengan pernyataan di atas, kenyataannya memang sering dijumpai di masyarakat. Demikian juga halnya dengan para wanita Iran dalam novel graphis karangan Marjane Satrapi. Marjane Satrapi menceritakan tentang sekelompok wanita yang terdiri atas neneknya, ibunya, dan teman-teman ibunya yang “ngerumpi” sambil minum teh selepas makan siang. Obrolan mereka tentang perkawinan usia muda, hubungan suami-istri, perselingkuhan, sampai operasi plastik. Semuanya tersaji santai bahkan terkesan lucu.

Pada sampul plastik segel novel graphis ini tertulis “Bacaan Dewasa“. Memang isinya cukup vulgar, dan tentunya tidak cocok dibaca oleh anak-anak, walaupun wujudnya seperti komik. Gambarnya juga tidak sebagus komik Candy-candy atau Topeng Kaca.

Saya sudah lama ingin membaca buku ini sejak membaca reviewnya di beberapa blog buku dan di goodreads. Sewaktu ke Bursa Buku Murah di Makassar minggu lalu, ada buku ini dengan dibandrol harga Rp 15.000 saja, saya langsung memasukkan ke dalam keranjang belanjaan. Bukunya lumayan tebal, tapi ternyata halamannya tidak banyak. Ternyata kertas yang digunakan mungkin lebih dari 80 gram.

Ohya, mengenai judulnya “Bordir“, baru bisa ketahuan maknanya di akhir cerita. Saya tidak mau bilang tulis di sini. Tapi yang pasti masih berhubungan dengan wanita dewasa 


Be First to Post Comment !
Post a Comment