~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#558 Special Order


Kanaya Wibisono mencoba mengikuti kata hatinya untuk menjadi koki, meski harus disambi menunaikan amanat ayahnya. Ayahnya menginginkan dia menjadi seorang guru, tapi dalam hati Naya dia ingin seperti ibunya bekerja di restauran. Kesempatan akhirnya datang lewat pasangan Satria dan Anaya yang mengizinkannya masuk ke dapur The Golden Dish sebagai kitchen assistant. 

Meski sering lelet dan ceroboh, Naya seorang pekerja yang tekun. Tapi keadaan berbeda ketika TGD kedatangan seorang chef yang baru bernama Nando. Naya terkejut melihat Nando, karena dua pertemuan mereka sebelumnya tidak begitu bagus. Naya pernah manabok pipi Nando di kereta dan juga menuduhnya berpikiran asusila padanya. Ketika Naya tidak berhenti membuat kesalahan, Nando semakin marah dan akhirnya memecatnya.

Apakah karir Naya di dunia kuliner berakhir? Tidak juga.... Singkat cerita Nando juga yang membawanya kembali ke dapur TGD. Meski dengan kembalinya, Naya berhutang banyak pada Nando. Hanya saja sikap Nando yang panas dingin dan selalu berubah-ubah membuat Naya bingung. Apalagi saat Naya dekat dengan Nizar, cowok yang ingin diperkenalkan Anaya padanya. 

Debut Alifiana Nufi dalam label Metropop cukup berhasil. Dengan mengambil segmen khusus dunia kuliner, penulis mencoba menggambarkan bagaimana dua orang tokohnya berusaha mencapai mimpi mereka meski tidak didukung oleh keluarganya. Ya, sama dengan Naya, Nando juga pada awalnya diminta bersekolah aristektur oleh ayahnya. Namun, di tengah jalan dia berbelok arah menjadi chef. Ayahnya marah besar dan tidak mau mengakui Nando sebagai anak. 

Saya suka dengan konsistensi karakter Nando yang punya kadar percaya diri tinggi dan juga jutek. Begitupun dengan Naya yang selebor, lelet, tapi bisa memahami Nando. Adegan jadian mereka yang nggak ada romantisnya itu justru manis apa adanya. Juga ketika Naya berusaha memberikan pemahaman kepada Nando mengenai pentingnya keluarga. 

Memang masih ada beberapa plothole dalam novel ini, tapi overall ceritanya menarik dan enak diikuti. Apalagi ada chef-chef  Teletubbies abang-abangnya Naya di dapur TGD yang selalu membuat suasana menjadi meriah.

Special Order
Alfiana Nufi
272 halaman
Gramedia Pustaka Utama
Februari 2019




Be First to Post Comment !
Post a Comment