~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#562 Alkisah Kasih


Andjani tahu cintanya hanyalah untuk Radja seorang. Sejak pertemuan pertama mereka di SMA, Andjani sudah jatuh hati pada Radja. Apalagi Radja pernah berucap jika kelak mereka bertemu kembali itu pasti karena mereka berjodoh. Beberapa tahun kemudian mereka bertemu, dan sejak saat itu mereka seperti tak terpisahkan. Hingga satu malam, Radja mengajak Andjani untuk makan malam untuk mengatakan bahwa dia akan menikahi Nadya, seorang artis yang sedang naik daun.

Bagi Andjani, kehilangan Radja seperti kehilangan masa depan. Seumur hidup, Andjani selalu menunggu seorang yang mencintainya untuk membawanya keluar dari zona perjodohan yang telah diatur oleh Eyang dan Ibunya. Andjani memang sudah dijodohkan dengan seorang bangsawan yang belum pernah dijumpainya. Hanya karena perjanjian konyol yang dibuat oleh Eyang Kakung-nya, Andjani harus menjalani kembali periode zaman purba saat jodoh pun harus diatur oleh Eyang.

Saat Radja mengatakan bahwa dia hanya mencintai Nadya, Andjani langsung lari dari restauran itu. Sialnya dia ditabrak mobil. Untungnya pengendaranya berbaik hati membawanya ke rumah sakit. Ardian, yang menabraknya, ternyata seorang dokter anestesi. Dan entah kenapa sejak malam itu, Andjani sering melimpahkan kekesalan dan sakit hatinya karena ditinggal Radja pada Ardian. Begitu juga dengan rencana perjodohan Andjani yang semakin mendekati batas waktu yang ditetapkan Eyang. Ardian memang sosok pria konyol penggemar Dewa 19 yang tidak disukai Andjani. Tapi ada sesuatu pada diri Ardian yang membuat Andjani merasa nyaman bersamanya.

Mencari #novelMetropop dengan judul berbahasa Indonesia itu gampang-gampang susah. Ternyata memang sebagian besar #novelMetropop berjudul bahasa Inggris. Saya lantas memilih membaca novel ini karena tertarik dengan desain sampulnya yang manis. Plus, sepertinya saya belum pernah membaca novel berlogo Metropop karya penulis sebelumnya. Hanya saja namanya tidak asing. Setelah mengecek di Goodreads, ternyata beliau lebih banyak menulis dalam kumpulan cerpen yang sudah pernah saya baca. Misalnya Autumn Once More, Resolusi dan Me Time.

Novel ini mengangkat tema perjodohan. Andjani yang seorang jurnalis terkenal dan menganggap dirinya sebagai wanita modern menolak keras perjodohan yang dirancang oleh Eyangnya atas dasar balas budi. Namun Andjani tidak bisa serta merta keluar dari perjodohan itu. Sementara cinta pertamanya pada Radja  tidak pernah padam, meski dia telah didepak oleh Radja. Keberadaan Ardian yang ternyata adalah orang yang dijodohkan untuk Andjani justru menambah bumbu cerita. Pasalnya, Ardian tidak terus terang tentang siapa dirinya. Dia ingin memberi kesempatan pada Andjani untuk mengenalnya sebagai seorang pribadi yang utuh, bukan sebagai jodoh yang sudah diatur. Terkadang Ardian harus menahan diri saat mendengar Andjani mnejelek-jelekkan pria yang dijodohkan untuknya.

Perjodohan tidak selamanya berkonotasi negatif. Bagi Ardian, dia memiliki keyakinan bahwa Tuhan pasti menyediakan wanita yang baik untuk dirinya. Jika perjodohan itu masih bisa berjalan sampai saat ini, mungkin sudah menjadi rencana Tuhan. Hanya saja, meyakinkan Andjani untuk melupakan Radja adalah persoalan besar selama Andjani masih terpaku pada cinta pertamanya.

#novelMetropop ini agak berbeda dengan novel berlogo Metropop biasanya. Tidak banyak kehidupan ala metropolitan yang diumbar. Tetapi yang saya sukai adalah bagaimana penulis menyajikan kisah tentang seorang wanita modern yang juga di sisi lain harus menghargai budaya yang melatar belakangi keberadaan dirinya. Empat bintang untuk Alkisah Kasih.

Alkisah Kasih
Lea Agustina Citra
304 halaman
Gramedia Pustaka Utama
Juli, 2016





Be First to Post Comment !
Post a Comment