~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#561 Early


Early sudah mempersiapkan segalanya untuk kabur dari rumah hari ini. Ranselnya berisi beberapa barang yang harus dia bawa. Kali ini rencananya tidak boleh gagal. Jika gagal, Early tidak tahu bagaimana masa depannya nanti. Syukurlah keberuntungan berpihak padanya, dia bisa kabur ke bandara Polonia. Early belum pernah naik pesawat sebelumnya. Tapi dia harus pergi sejauh mungkin dari Medan.

DI bandara itulah Early bertemu dengan Marco pertama kali. Early tidak sengaja menabrak Marco, dan ternyata mereka menggunakan pesawat yang sama menuju ke Batam. Dengan bantuan Marco, hidup Early berubah. Tujuh tahun kemudian Early sudah menjadi tangan kanan Marco mengurus sejumlah pembangunan mall di Indonesia. Salah satunya di Medan, kota yang ingin dihindari Early. Tapi Early tentu saja tidak bisa menolak saat diperintahkan Marco untuk berangkat ke Medan. Apa yang disembunyikan Early di masa lalunya?

Jarang sekali saya menemukan #novelMetropop yang mengambil setting kota di luar Jakarta. Novel ini terbit pertama kali di tahun 2013, saat bandara Medan masih di Polonia. Tema prostitusi menjadi benang merah dalam novel ini. Saya tertarik dengan konflik keluarga Early, terutama ibunya Asnia yang terpaksa harus menjual diri demi menghidupi dirinya atas desakan kakaknya. Dan betapa naifnya si paman ketika dia merasa masih bisa mengendalikan hidup Early yang sdah kabur selama 7 tahun darinya.

Ada juga kisah asmara antara Early dan Marco, yang sayangnya mulai dari awal sampai berakhirnya kisah dalam novel ini nyaris tidak mengalami perkembangan. Lalu ada juga pihak ketiga, Mitha, yang hanya sekadar tempelan. Padahal kalau konflik antara Mitha dan Early lebih dibangung bisa menjadi cerita yang menarik.

Early
Syafrina Siregar
200 halaman
Gramedia Pustaka Utama
Juli, 2013


Be First to Post Comment !
Post a Comment