~ karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi ~

#567 If


Kika selalu menantikan hari Jumat sore saat pria itu mengunjungi toko buku. Kika pun tahu dia mulai jatuh cinta pada pria dambaannya itu. Di suatu sore, Kika hampir saja ditabrak oleh sepeda motor jika tidak ditolong oleh pria itu. Kika semakin kagum dengan pria pujaannya. Tetapi memiliki pria itu rasanya tidak mungkin. Selain Kika tidak mengenalnya, Kika sudah memiliki Ari sebagai kekasihnya.

Namun ternyata Kika bertemu lagi dengan pria itu saat menemani tantenya ke Thailand. Widhi adalah keponakan Dr. Bangun, teman dari tantenya Kika. Widhi juga seorang dokter sama seperti Kika. Beberapa kali Widhi menjadi penolong Kika dalam perjalanan ke Thailand. Rasa cinta Kika semakin mendalam, apalagi ketika dia mengetahui Widhi juga seorang kenshi (atlit kempo) sepertinya. Perasaan Kika pun tidak bertepuk sebelah tangan. Kika dan Widhi terlibat dalam cinta lokasi. Sayangnya, cinta itu harus berakhir saat Widhi mengetahui Kika sudah memiliki kekasih.

Sepulang dari Thailand, hubungan Ari dan Kika justru memburuk. Kika yang sering tidak fokus karena merindukan Widhi. Ketika akhirnya mereka putus, Kika malah mengetahui bahwa sebenarnya Widhi juga memiliki pacar dan sedang dalam tahap mempersiapkan pernikahan. Kika patah hati, tapi tidak bisa melepas bayangan Widhi.

Novel metropop yang mengambil setting kota Surabaya ini berkisah di seputar kehidupan Kika yang seorang dokter dan kenshi. Dan seperti tergambar di sampulnya, sebagian besar kejadian di dalam novel ini terkait dengan kempo. Membaca novel ini akan menambah pengetahuan pembaca tentang kempo dan filosofinya. Tidak heran, karena penulisnya pernah mendalami kempo meskipun tidak lama. Sayangnya profesi Kika sebagai seorang dokter tidak diulas lebih jauh. Padahal penulis adalah seorang dokter spesialis. Porsi tentang kempo di dalam novel ini terasa too much buat saya. Bukannya tidak bagus, tapi kesan metropop-nya jadi tidak terasa. Mungkin kalau novel ini diterbitkan ulang, cocoknya masuk dalam label Amore saja. 

Kemudian, hal lain yang membuat saya nyaris tidak menyelesaikan novel ini adalah karena pekerjaan tokoh utama dan tokoh pendukung yang hampir semuanya adalah dokter. Kika sendiri adalah dokter, tantenya yang tinggal bersamanya juga dokter. Ari kekasihnya juga seorang dokter. Widhi dan pamannya juga dokter. Kika melatih kempo di FK Unair. Lalu terakhir kakak sahabatnya juga seorang dokter. Duh...sempit sekali dunia Kika ini.

If adalah novel kedua karya Evy Ervianti, namun merupakan debutnya dalam label Metropop. Kabarnya novel ini ada sekuelnya yang berjudul So,... yang kabarnya ditulis karena banyak yang nggak puas dengan ending dari novel If. 

If
Evy Ervianti
240 halaman
Gramedia Pustaka Utama
Oktober, 2009


Be First to Post Comment !
Post a Comment